SEO paling KEREN

Mengungkap Fakta Terpendam

4 Tokoh Asal Indonesia Penemu Teknologi Canggih di Dunia

habibie

Dalam benak kita mungkin hanya berpikir bahwa penemuan tehnologi canggih dan luar biasa hanya ditemukan oleh orang-orang barat atau orang asing. Ternyata tidak. Banyak dari bangsa kita Indonesia tercinta yang ternyata menemukan dan menciptakan penemuan tehnologi canggih yang mungkin tak pernah terlintas dalam pikiran kita.

Tapi sayang 1000 kali sayang, berbagai penemuan tersebut tidak ada harganya bagi bangsa kita atau bahkan memang tidak dihargai sama sekali sehingga tidak banyak yang mengetahuinya. Sungguh miris sekali. Bangsa yang besar ini sampai tidak tahu bahwa di antara anak-anak bangsa terdapat penemu-penemu yang luar biasa otaknya dengan menciptakan penemuan yang canggih.

Penulis akan memaparkannnya untuk anda beberapa penemuan yang berhasil ditemukan oleh anak bangsa ini tapi tidak banyak orang yang tahu.

1. Yudi Utomo Imardjoko, Penemu Kontainer Limbah Nuklir

Dari namanya pasti anda tahu. Itulah bapak Yudi Utomo Imardjoko yang berhasil menemukan Kontainer Limbah Nuklir. Ia adalah seorang yang menjadi peneliti pada Fakultas Tehnik Universitas Gajah Mada sekaligus juga sebagai Ketua Jurusan Tehnik Nuklir di universitas tersebut. Sebuah penemuan yang luar biasa dan kita sebagai bangsa Indonesia tidak tahu tentangnya.

Yudi berpikir bahwa kalau di Indonesia nanti ada tenaga pembangkit listrik nuklir maka Kontainer Limbah Nuklir dapat menampung limbah radioaktif nuklir tersebut. Kontainer Limbah Nuklir sendiri berbentuk silinder dengan bahan titanium. Silinder tersebut memiliki panjang 4 meter, diameternya 1,6 meter. Dinding Kontainer Limbah Nuklir ciptaan Yudi ini memiliki ketebalan 24 sentimeter.

Tidak tanggung-tanggung, Yudi mampu menciptakan Kontainer Limbah Nuklir yang dapat menampung limbah Nuklir dalam waktu 10 tahun. Sungguh luar biasa pemikiran dan idenya untuk membuat Kontainer Limbah Nuklir. Seandainya bangsa ini bisa memanfaatkan dengan baik maka penemuan Yudi akan menjadi aset bangsa ini.

2. Tjokorda Raka Sukawati, Penemu Konstruksi Beton Penyangga Jalan Layang

Ini lagi penemuan Indonesia punya gitu loh. Sebuah tehnik jalan layang tanpa harus mengganggu jalannya lalu lintas berhasil ditemukan oleh bangsa Indonesia. Namanya adalah Tjokorda Raka Sukawati. Ia berhasil menemukan Konstruksi Beton Penyangga Jalan Layang. Penemuannya disebut juga dengan Sosrobahu artinya seribu bahu. Sosrobahu disinyalir dapat memutar beton yang berat hingga mencapai 480 ton 90 derajat. Luar biasa sekali.

Sekali lagi, sayang 1000 sayang. Hak paten dari Konstruksi Beton Penyangga Jalan Layang ini tidak dipegang oleh Indonesia. Jepang, Malaysia dan Filipina telah mendahului Indonesia menerbitkan hak paten pada tahun 1992. Indonesia terlambat. Indonesia mematenkan Konstruksi Beton Penyangga Jalan Layang 6 tahun setelah tehnik pembangunan tersebut ditemukan. Kasihan.

3. Bacharuddin Jusuf Habibie, Penemu Pesawat Terbang dengan Kecepatan 20 kali Kecepatan Suara

Bangsa Indonesia punya Bacharuddin Jusuf Habibie. Penulis kagum padanya karena ia tidak pernah ketinggalan shalat Dhuha dan puasa Senin Kamis. Orang pintar dan memiliki otak cemerlang tapi ibadahnya sangat rajin. Lah kita, pinter nggak pinter ibadah bolong-bolong. 🙂

Apa prestasi Bacharuddin Jusuf Habibie? Ia ternyata berhasil menemukan dan membuat pesawat yang kecepatannya luar biasa. Untuk meraih gelar doktornya di Jerman ia harus berhasil membuat pesawat dengan kecepatan 20 kali kecepatan suara. Hebat nggak tuh ? Indonesia punya bro. Dan ia berhasil. Kalau tidak maka ia tidak akan mendapatkan S-3 dong. Begitu Bacharuddin Jusuf Habibie bercerita.

Setelah berhasil mengembangkan pesawat di Jerman, Habibie disuruh pulang ke Indonesia untuk mengembangkan pengetahuannya di bidang tehnologi pesawat di dalam negeri. Sebagai kita tahu Habibie mulai mengembangkan industri penerbangan nasional dengan membuat sebuah pesawat N 250. Hebatnya lagi pembuatan pesawat tersebut hanya dilakukan oleh 20 orang saja. Tapi lagi lagi, sayang 1 juta kali sayangm pengembangan pesawat terhenti sejak beliau menjadi Wakil Presiden. Waktu itu Presiden Indonesia adalah Soeharto. Sayaaang ya.

4. Prof. Khoirul Anwar, Penemu Jaringan 4G

Apakah Anda pengguna smartphone dan apa jaringan yang ada di hanphone pintar anda ? Pasti jaringan 4 G khan. Hebat sekali ya kecepatan jaringan 4 G ya. Pasti internetnya wus wus ya. Cepet banget.

Namun, tahukah anda siapa penemu 4 G? Kalau anda belum tahu ternyata penemunya adalah orang Indonesia. Ia adalah Prof. Khoirul Anwar. Dengan tehnologi canggih 4G LTE ini maka kecepatan transfer data jauh lebih cepat dari tehnologi 3G. Prof. Khoirul Anwar adalah pemegang hak paten tehnologi 4G dengan basis OFDM atau Orthogonal Frequency Division Multiplexing. Ia adalah orang Kediri. Seorang alumni Tehnik Elektro ITB. Kecemerlangan otaknya kelihatan dari cumlaude yang ia capai yaitu di atas 2000.

Bagaimana sahabat, hebat-hebat khan bangsa Indonesia. Ternyata penemuan-penemuan luar biasa tersebut di atas berhasil ditemukan oleh putra terbaik bangsa Indonesia. Yuk ingat dan hargai mereka. (viva.co.id)

Tags: , , , , , , , ,

No Responses

Leave a Reply