SEO paling KEREN

Mengungkap Fakta Terpendam

Cara Mengetahui Batu Akik atau Kecubung Asli

Batu cincin - batu akik - batu mulia

Keindahan batu-batu ini memang begitu memukau, terutama bagi para penghobi ataupun kolektor. Selain sebagai koleksi, batu akik juga kerap dijadikan di berbagai macam aksesoris, diantaranya seperti kalung, anting-anting, gelang atau cincin dengan jenis ikatan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan, selera dan kemampuan finansial. Bahan-bahan ikatan batu cincin biasanya bisa dari emas, perak, baja ataupun kuarsa (emas campuran 18 karat).

Mahalnya batu mulia (batu akik) memang telah menjadi ladang bisnis yang menggiurkan. Terlebih lagi bisnis ini tak pernah sepi dari peminatnya. Memang banyak penjual batu cincin yang hanya menjual batu-batu asli, namun tak sedikit juga oknum yang memanfaatkan tren batu cincin ini untuk mencari keuntungan dengan cara melakukan penipuan kepada konsumennya.

1  Meneliti Serat Kecubung
Sebelum anda membeli batu kecubung, cara membedakan batu kecubung asli dan palsu yang pertama dengan melihat serta meneliti serat inklusi yang ada di batu kecubung. Karena banyak para penjual batu ini memanipulasi atau membuat serat inklusi yang ada dalam batu kecubung. Sebagai penggemar batu seharusnya anda paham tentang teksture serta model gambar serat inklusi yang ada dibatu kecubung. Anda bisa belajar dari kolektor yang senior atau membaca artikel serta buku yang berhubungan dengan batu kecubung.

2  Uji Berat Serta Kekerasan Batu
Cara membedakan batu kecubung asli dan palsu yang kedua yaitu dengan menguji berat batu kecubung tersebut batu kecubung yang tidak asli biasanya akan berbeda beratnya apabila sudah lama sehingga anda harus tahu cara mengujinya. Untuk mengujinya anda bisa menggunakan timbangan air kemudian menghitungnya dengan rumus masa atau berat batu kecubung dibagi volume batu tersebut. Dengan itu anda bisa mendekteksi kuualitas batu kecubung yang anda inginkan.

3  Mencari Indek Biasnya
yang terakhir cara membedakan batu kecubung asli dan palsu dengan melihat indek biasnya. Indek bias adalah tingkat kecerahan serta warna yang bersinar serta memantul dari batu kecubung tersebut. Cara menilainya gunakanlah alat yang bernama reflaktometer. Alat ini bisa mengukur keaslian batu tersebut berdasarkan indek bias pada batu tersebut atau tingkat kecerahan serta warna yang ada dalam batu kecubung tersebut, sehingga batu kecubung yang asli akan terlihat kualitas warnanya.

Tags: , , , , , , ,

No Responses

Leave a Reply