SEO paling KEREN

Mengungkap Fakta Terpendam

Ciplukan, Buah Mungil Cegah Kanker

cegah kankerCiplukan, Buah Mungil Cegah Kanker: Siapa yang menyangka kalau buah mungil ini begitu besar manfaatnya. Rasanya yang manis segar dengan warna merah kekuningan yang cantik cukup menggoda. Tidak hanya enak dimakan langsung, tapi juga berkhasiat untuk kesehatan lho! Penasaran?

Di beberapa daerah, tanaman yang satu ini sangat populer. Biasa ditemukan di area persawahan ataupun ladang. Tanaman ini termasuk tanaman liar yang mudah sekali dijumpai. Pohon ciplukan namanya. Tanaman ini memiliki buah yang berwarna merah ataupun kuning jika sudah matang.

Bentuk buah ciplukan ini bulat-bulat dengan dibungkus dengan kelopak daun berwarna hijau. Tanaman ciplukan tidak besar, maksimal tinggi tanaman ini hanya sekitar 30 cm saja. Di beberapa pasar tradisional di pulau Jawa, buah ciplukan di jual seperti layaknya buah-buahan pada umumnya. Rasanya manis-manis asam segar. Kalau digigit, air buahnya langsung keluar dan terasa sangat enak.
Tanaman yang bernama latin Physallisa angulata L memiliki efek sitotoksik dan mampu menekan laju pertumbuhan sel kanker. Menurut beberapa peneliti ciplukan mengandung senyawa yang bisa menjadi antikanker. Ekstrak tanaman cilukan diduga mampu menghambat pertumbuhan sel kanker payudara, leukimia, dan juga kanker paru-paru.

Di Jakarta, tidak hanya buah ciplukan saja yang dijual dalam kondisi kering. Tapi juga daun dan juga batang tanaman ini diduga bisa membantu menurunkan gula darah.

Tags: , , , , ,

No Responses

Leave a Reply