Dahsyatnya! Ilmu Kejawen yang dimiliki Syekh Siti Jenar!

Category : Fakta, Unik & Keren

Kata “Kejawen” berasal dari kata Jawa, sebagai kata benda yang memiliki arti dalam bahasa Indonesia yaitu segala yg berhubungan dengan adat dan kepercayaan Jawa (Kejawaan). Penamaan “kejawen” bersifat umum, biasanya karena bahasa pengantar ibadahnya menggunakan bahasa Jawa. Dalam konteks umum, kejawen merupakan bagian dari agama lokal Indonesia. Seorang ahli antropologi Amerika Serikat, Clifford Geertz pernah menulis tentang agama ini dalam bukunya yang ternama The Religion of Java atau dalam bahasa lain, Kejawen disebut “Agami Jawi”.

Kejawen dalam opini umum berisikan tentang seni, budaya, tradisi, ritual, sikap serta filosofi orang-orang Jawa. Kejawen juga memiliki arti spiritualistis atau spiritualistis suku Jawa.

Penganut ajaran kejawen biasanya tidak menganggap ajarannya sebagai agama dalam pengertian seperti agama monoteistik, seperti Islam atau Kristen, tetapi lebih melihatnya sebagai seperangkat cara pandang dan nilai-nilai yang dibarengi dengan sejumlah laku (mirip dengan “ibadah”). Ajaran kejawen biasanya tidak terpaku pada aturan yang ketat, dan menekankan pada konsep “keseimbangan”. Dalam pandangan demikian, kejawen memiliki kemiripan dengan Konfusianisme atau Taoisme, namun tidak sama pada ajaran-ajarannya. Hampir tidak ada kegiatan perluasan ajaran (misi) namun pembinaan dilakukan secara rutin.

Simbol-simbol “laku” biasanya melibatkan benda-benda yang diambil dari tradisi yang dianggap asli Jawa, seperti keris, wayang, pembacaan mantera, penggunaan bunga-bunga tertentu yang memiliki arti simbolik, dan sebagainya. Akibatnya banyak orang (termasuk penghayat kejawen sendiri) yang dengan mudah mengasosiasikan kejawen dengan praktik klenik dan perdukunan.

Ajaran-ajaran kejawen bervariasi, dan sejumlah aliran dapat mengadopsi ajaran agama pendatang, baik Hindu, Buddha, Islam, maupun Kristen. Gejala sinkretisme ini sendiri dipandang bukan sesuatu yang aneh karena dianggap memperkaya cara pandang terhadap tantangan perubahan zaman.

Namun banyak yang menyandingkan ilmu kejawen dengan Ilmu Islam, itu yang menyebabkan kesalahan besar karena secara tauhid jelas bertentangan dengan Konsep Islam hanya saja mereka yang mempelajari kejawen beranggapan bahwa kejawen itu salah satu ajaran Syekh Siti Jenar.

Avatar for bangfad

Author: 

Bangfad - Penulis sekaligus pengelola website menyediakan Jasa Review Produk Lokal maupun produk luar dengan harga yang sangat terjangkau, kami juga menyediakan jasa pembuatan website berbasis opensource yang tentunya lebih ekonomis namun dengan performa profesional dengan harga mulai dari Rp.300.000,-

Related Posts

89 Responses

  1. Avatar for bangfad

    gokil27-10-2011 at 07:43Reply

    wiiiissssssssss……..
    Keren ya….
    Dari nama sudah bagus Syekh Siti Jenar….

    Tapi kox minta tolong pada jin ya….

    Asstaghfirullah hal azim…

    • Avatar for bangfad

      A mUZAKIR03-05-2013 at 17:01Reply

      Kalo Jin nya Namanya Allah kan gak papa gan

    • Avatar for bangfad

      SEMBARA01-06-2013 at 19:40Reply

      yang minta tolong sama jin sapa mas?

    • Avatar for bangfad

      iwan13-05-2015 at 07:58Reply

      Otakmu trlalu dangkal gan?blm nyampe?bljar dlu ja?bru bcara?
      Jstru sunan giri+sunan bonang yg tenar sakti tu yg bnyak pegangan(keris…)Tu dbntu jin scra instant gan?
      Kl ssj g pke gtu”an gan?dia bnyk mnggunkn ilmu hak/percya diri/manunggaling kawulo gusti?bkn manunggaling jimat?

  2. Avatar for bangfad

    Armando Roshan07-09-2012 at 04:33Reply

    wew bagus

  3. Avatar for bangfad

    Kodok Ijo13-09-2012 at 07:46Reply

    ilmu jawa di kemas galam bahasa jawa.

  4. Avatar for bangfad

    Patih Raka16-09-2012 at 01:49Reply

    Perlu kalian ketahui syekht siti jenar itu muridnya sunan giri,
    ia punya ilmu sakti itu dari gurunya tpi dengan curi diam2,
    setelah menguasainya dia menjadi murtad dri islam n sesat,
    setelah itu dia di bunur oleh wali songo di karenakan telah menyebarkan ajaran sesat,

    • Avatar for bangfad

      jagad ono ing ati26-10-2012 at 08:33Reply

      sudah pernah bertemu dg syech siti jennar. pasti anda hanya mengetahui dr buku , ato sebuah cerita sejarah..

      jgan mengucap sblm bertemu dg orangnya .. trimakasih

    • Avatar for bangfad

      yono10-11-2012 at 17:03Reply

      jk hnya mengandalkn mata tk melihat&membaca,otak tk berfikir jangan mudah tk menilai orang yg blum d kenal baik,kenali diri sendiri sblum menilai yg lain

    • Avatar for bangfad

      radhan02-12-2012 at 12:51Reply

      tau nggak nuduh sesuatu dianggap sesat

    • Avatar for bangfad

      baju baja10-12-2012 at 00:28Reply

      BAGUSSSS. sy pengen
      belajr

    • Avatar for bangfad

      bagus27-12-2012 at 15:13Reply

      ajaran syeh siti jenar adalah ajaran yang nilai sufinya sangat tinggi, manusia biasa kalau belum mencapai tatarannya memang suilit memahami, buka sesat bukan salah…..belajarlah lagi bila ingin tahu…..(bagus ws)

    • Avatar for bangfad

      mansour sameer19-04-2013 at 07:13Reply

      Patih raka, anda ngomong seenak udele dewe, sok tauuuuu…pernah belajar ajaran nya syekh siti jenar belom, sdh baca biografinya belom, kalo sudah dimana letak sesatnya??? Kalo belom pernah baca apapun tentang ilmu dan biografinya syekh siti jenar..anda telah menyebarkan fitnah orang yg mulia yg masih satu darah dengn nabi Muhammad saw..

    • Avatar for bangfad

      sembara01-06-2013 at 08:08Reply

      sok tahu…darimana kamu tahu klo syeikh siti jenar itu sesat?
      cari dulu infonya yang lebih komplit dan komplek…
      jgn men-judge org dengan seenaknya…jgn2 kmu sndiri yg sesat…

  5. Avatar for bangfad

    -Ahmad Saki-17-09-2012 at 18:29Reply

    apa masih ada ilmu itu pd zaman skrg.

    • Avatar for bangfad

      SEMBARA01-06-2013 at 19:44Reply

      masih byk mas ahmad…jgn kuatir tidak belajar ilmu seperti itu jika Allah memberikan mas jalan dan hidayahNya maka dengan cara tak disangka2 nantinya mas akan dipertemukan dengan guru yang mengajarkan ilmu tersebut secara gamblang, jelas dan detail sehingga mas sendiri akan tahu siapa kita dan siapa Tuhan (Allah) kita itu….yang penting sabar dan terus berikhtiar…

  6. Avatar for bangfad

    Eby Cubby18-09-2012 at 14:43Reply

    mau nieh, tp blajar nya harus kemana?
    kira2 ada yg instant gk?

    • Avatar for bangfad

      Ayat28-01-2013 at 03:55Reply

      klo blajar ga ada yng instan

  7. Avatar for bangfad

    eby18-09-2012 at 22:08Reply

    4, MANTRA PELET TATAP MATA

  8. Avatar for bangfad

    Pangeran Ai'if Mencari Cinta30-09-2012 at 17:08Reply

    ajiannya gan bisa g ana tau tu.

  9. Avatar for bangfad

    Pangeran Ai'if Mencari Cinta30-09-2012 at 17:08Reply

    gan bagi dong.

  10. Avatar for bangfad

    Iblis10-10-2012 at 18:43Reply

    begitulah orang di zaman sekarang yang selalu mengada-ngada tidak tau makna kesejatian hidup,..
    Taunya hanya makan tidur dan senang-senang,..
    Apa yang ada di pikiranx di ucapkan padahal tidak tau benar atau salah,..Hidup susah mati pun masih terjerat sekarat,..

  11. Avatar for bangfad

    Usrok afc07-11-2012 at 08:43Reply

    Tidak ada kekuatan selain Allah, dan hanya kepada Allah saja aku meminta.

    Apakah bukan termasuk musyrik meminta kepada selain Allah, walaupun itu saudara gaib kita ?…
    Bukanlah jaminan kalo ada manusia sekelas wali ato sunan (syeh siti jenar ato sunan kalijaga) tetap pada jalan yang benar, bisa jadi mereka tlah tergelincir tanpa mereka sadari. Karena semakin tinggi level keimanan seseorang maka semakin tinggi pula level setan penggodanya. Kembalilah kepada quran dan hadist

    Kalo ane gan, ane mau ktemu dg sodara gaib ane, tp ane g kan minta pertolongan dalam bentuk apapun, tp ane kan ajak tuk bertaqwa dan beriman.

    • Avatar for bangfad

      Sahar12-11-2012 at 11:38Reply

      Ber do’a emang hanya kepada ALLAH saw.tapi apakah ALLAH saw,langsung menberikan tampa melalui perantara….ALLAH saw hanya mengabulkan permohonan hambanya bukan men beri,kata men beri itu hanya di pakai oleh sesama cipta’an mahluk ALLAH saw…

      • Avatar for bangfad

        altair03-12-2014 at 14:49Reply

        Yang benar itu Allah SWT … dasar yahudi

    • Avatar for bangfad

      faqih13-02-2013 at 01:06Reply

      kalau gtyu kamu minta tolong ke dokter salah dong, , uuuups. . .itu hnya perantara bos, , hakekatnya tetap allah

      • Avatar for bangfad Author

        Super Keren21-02-2013 at 09:30Reply

        bener bos, minta hanya kepada Allah. SWT

    • Avatar for bangfad

      sembara01-06-2013 at 08:12Reply

      sama aja mas brow…

    • Avatar for bangfad

      iwan13-05-2015 at 07:50Reply

      Kl g tau cranya y g sh bnyk bcara gan?orng yg laku itulh yg bs mmbuktikn sglanya?
      Cba ja dcopot1sodarane?py hasile?u gila coy?
      Tu sdulur pamomong?u jngn maen”mngajak”br iman?sadar dlu gan?u dasuh sm sodaramu?
      Kl g tau bljar ja dlu?jngn cplas”brantakan gtu?

  12. Avatar for bangfad

    Udin15-11-2012 at 21:03Reply

    Ni udh zaman internet bung…

  13. Avatar for bangfad

    Abid Haq29-11-2012 at 16:25Reply

    Asstaghfirullah hal azim…
    Wahai semua saudaraku marilah kita bersama2 perbanyak istifar..

  14. Avatar for bangfad

    wadimruswandi12-12-2012 at 11:18Reply

    JANGAN BELAJAR ILMU JAWA KUNO INI KALAU TIDAK KUAT BISA GENDENG , sampean gak tanggung jawab mas !!!!!! opo tumon rek dadi wong ko ngene wah payah.

    • Avatar for bangfad

      sembara01-06-2013 at 08:15Reply

      gendeng dari mana…sepengetahuan saya belajar ilmu apapun itu gak ada yang gendeng tuh….tapi klo “gendeng” ingin ketemu Kanjeng Nabi Muhammad dan ingin berdialog langsung deng 4JJI sudah sering

      • Avatar for bangfad

        iwan13-05-2015 at 07:43Reply

        U trllu trhipnotis sm mmpimu mslh N.mohamad gan?hehehe…hari gini gtu loh??
        Itu jin qorin gan?hehehe…plan”u jd misrik nnti gan?

  15. Avatar for bangfad

    manusia tak sempurna18-12-2012 at 18:20Reply

    Ah gua kaga’ tau…
    Cranya kaga ada…

  16. Avatar for bangfad

    yanto03-01-2013 at 22:32Reply

    kyk nya sru.
    Emang ea syekh jenar murit yg murtat . Tp ap $lah nx qta bljr .tp jgan sampai meniru syekh jenar

    • Avatar for bangfad

      SEMBARA01-06-2013 at 19:49Reply

      yg mengatakan syeikh siti jenar itu murtad adlh orang yg gak tau asal usul syeikh siti jenar itu sendiri, siapa sbnarnya syeikh siti jenar dan bagaimana bimbingan yg diberikan syeikh siti jenar kepada murid2nya..

    • Avatar for bangfad

      iwan13-05-2015 at 07:36Reply

      Y bgtulah plajaran ilmu syareat gan?bsone kur ndongeng nulis lanmoco?hehehehe…

    • Avatar for bangfad

      iwan13-05-2015 at 07:40Reply

      Otak burukmu g nyampe gan bljar mslh ssj?
      Bljar syareat ja smpe tua?

  17. Avatar for bangfad

    Eyang Semar MAnik Moyo13-02-2013 at 11:04Reply

    Semua Manusia itu pasti ada salahnya………

    Jangan kau merasa benar walau kau anggap dirimu Sudah Benar Cari lah kesalahanmu Sebelum kamu Menghujat Suatu Ajaran…..

    Semua Ajaran itu Baik Asal Tahu Tata Caranya…….

    Ingat lah Para Leluhur Kita Orang Jawa Jangan (Munafik)……….

    Jangan Cuman Isah Mengaji Tanbisa Mengeji……….

    Cari lah Sejatinya Hidup Di Dunia……. Tanpa harus membeda2kan……Semua Saudara.dan Semua akan menuju kepadanya………Salah Benar Hanya Gusti Allah Yang Tahu…….

  18. Avatar for bangfad

    yus14-02-2013 at 21:53Reply

    patih raka gendeng
    syech siti jenar dan walisongo adlh 1 guru.syech siti jenar murid pertama dan sudh sakti mandraguna, stelah tu bru mengangkt murid walisogo.Shebt apapun walisongo tdk bs mnglahkn 1 org syech siti jenar.seandaix ada sembilan syech siti jenar, walisongo ya bablas angine.

    • Avatar for bangfad

      sembara01-06-2013 at 08:16Reply

      sok tau juga kmu tuh…

  19. Avatar for bangfad

    dias19-02-2013 at 19:57Reply

    Jangan asal bicara bos..kalian tau g’ klo presiden pertma kita (Bpk. Soekarno) itu adalah orang jawa..dia adalah satria paningit..klo mslh syeck jenar itu adalah rahasia,karena hanya orang tertentu yang mengetahuinya..

    Nb : Negara kita ini butuh sosok Bpk. Soekarno lagi..karena seorang pemimpin harus mempunyai kharisma serta tanggung jawab terhadap dirinya,keluarganya serta Rakyatnya..

  20. Avatar for bangfad

    Pled24-02-2013 at 01:41Reply

    Biarlah kacung tuh menggonggong sabab tak tau arti bener nu sabenerna

  21. Avatar for bangfad

    arif mustakim12-03-2013 at 11:04Reply

    gk ada ilmu jawa,,,,,,

  22. Avatar for bangfad

    Nawaksara30-03-2013 at 17:25Reply

    akeh kang apal Quran lan Hadist isih seneng ngafirke marang liyane,,kafire dewe dak di gateke……..

    • Avatar for bangfad

      sembara01-06-2013 at 08:16Reply

      setuju banget….

  23. Avatar for bangfad

    sundelllobong08-04-2013 at 02:53Reply

    akulah pewaris tunggal ilmu siti jenar

    • Avatar for bangfad

      iwan13-05-2015 at 07:29Reply

      Sabar gan?jngn takabur?q prcaya ko gan?tp y g pke takaburan gtu? Ssj g mngajarkn takabur gan?
      Cm wktu rapat?ssj trsinggung hatinya sm sunan giri?mncri ssj pke ucpan kasar+pke suruhan santinya lg?
      Brhbung trlnjur trsnggung y mngakui manunggaling kawulo gusti?tp saat tu lngsung dklaim kl mngaku drinya : alloh?

  24. Avatar for bangfad

    Awan galih kangkung13-04-2013 at 10:13Reply

    Manteb dolor…
    Hidup siti jenar…

  25. Avatar for bangfad

    JOYO LENGKORO10-05-2013 at 09:56Reply

    Hai….saudaraku semua yg seneng dg kejawen,tolong beri tahu aku tentang ilmu SOSROBAHU itu apa…? apa Syeh Sitijenar juga punya ilmu tsb…….?

  26. Avatar for bangfad

    Mahesa15-05-2013 at 21:37Reply

    Buat yang merasa paling benar,
    Memiliki pengetahuan tentang Tuhan tidak akan otomatis membuatmu mampu berTuhan.
    Apalagi jika kau memiliki pengetahuan tentang Tuhan dari agama, kau bisa terjebak menuhankan agamamu.

    • Avatar for bangfad

      iwan13-05-2015 at 05:55Reply

      Kata”nya lo???dalem banget gan???

  27. Avatar for bangfad

    Sarjono Comeback18-05-2013 at 02:29Reply

    temukan jawabannya di sini http://www.fajrifm.com.

  28. Avatar for bangfad

    manik10-06-2013 at 20:53Reply

    patih raka,sapa walisongo yg mampu bunuh syekh siti jenar…gk ada bro…itu penyimpangan sejarah…paling yg buat cerita itu ajaran import

  29. Avatar for bangfad

    Satrio13-06-2013 at 23:35Reply

    Kalo ingin sakti dr dulu patokanya ada 4.
    1) ngeningno cipto
    2) mandeng pucu’ing grono.
    3) madep, mantep marang kang morbowaseso.
    4) mekek babakan howo s0ngo,
    .

    • Avatar for bangfad

      iwan13-05-2015 at 07:23Reply

      Lhat gtu kayanya g da yg snggup gan?jmn skrang instan yg dcari?ada yg bljar srti tu kl g da niat badar”ja gan?
      Skrng”ni ajaranya trllu bnyk syareat?hsile mmbingungkn+mnysatkn sndri?tp g trasa?
      Bs trasa kl dh kalut hati?

  30. Avatar for bangfad

    manusia_biasa20-07-2013 at 01:28Reply

    Tuhan bersemayam dalam sucinya hatimu. Manunggaling kawula GUSTI (baGUSing aTI). Itulah inti ajarannya. Jika msh di level syariat gak usah ikut2 bahasan ma’rifat drpd nanti bingung sendiri. Salam

    • Avatar for bangfad

      iwan13-05-2015 at 06:02Reply

      Cocok abis gan???stuju bngt mslah “manunggaling kawulo gusti” q pling pas kl dh nympe manunggaling kawulo gusti???
      Bnyak manusia ajaran timur tengah/agama samawi?mengutuk asal”an?sapenake cangkeme njeplak?tp sbnre msh buta ma’rifat? Mu blajar g da guru,jd ptus asanya mlhirkn fitnah”

  31. Avatar for bangfad

    awi24-07-2013 at 23:19Reply

    belajar baca dari kejadian jangan buru buru buat kesimpulan

  32. Avatar for bangfad

    Herman Sign18-08-2013 at 08:15Reply

    klo ga salah menurut cerita orang tua (temen kerja ane orang kejawen jg) siti jenar ilmunya emang tinggi dan katanya paling tinggi diantara wali songo…maka dari itu dia mau mengangkat diri sendiri menjadi wali yg ke 10…tp berhubung ke 9 wali menganggap ajarannya “mungkin” menyimpang dr ajaran islam maka Siti Jenar dibunuh oleh ke 9 wali tsb..benar ceritanya ato tidak allahu ‘alam…

    • Avatar for bangfad

      iwan13-05-2015 at 06:16Reply

      Y po??mnrtq dr brbgai artikel yg dh tk baca?
      Tk slahkn istilah mmbunuh/kitab taurot?
      Sunan kali jogo awalnya mencuri tp dbgikn kpd fkir mskin?tu jg ttp slah?aplgi wali muda yg dsruh mmbnuh syeh sti jnar? Mmbnuh ja dh salah?mncuri jg slah? Kl mmbnuh tu bnar/ats dsar pnympangan trus maen tebas y ttp slah?mncuri jg ttp slah?wlpun buat orng fakir mskin? Jdi prturan ttp prturn?g da yg slah jd bnar?
      Tu namanya pmbnaran/pengesahan ego/susah jjur nntinya? Kl hkum mmbunuh tu dh basicnya tmur tengah?tu lhat?simbulnya ja pedang?yg g ccok sah”ja dbunuh kpn sja?sprti biografi “al haj”

  33. Avatar for bangfad

    Wong belajar mati18-08-2013 at 23:59Reply

    Assalamualaikum saudara semua, tidak perlu diributkan tapi ingat dan sadarlah semua kebenaran itu hanya milik Allah Swt, yg paling penting hanya satu tujuan kita semua sama, dan marilah kita bersatu untuk mengangkat kaum dhuafa’ itu lebih bermanfaat dari pada berdebat

    • Avatar for bangfad

      iwan13-05-2015 at 06:21Reply

      Bguuuus gan?cma mslah duafa tu jauh dri fokus tema yg dbcarkn?
      Ni mslah ketuhanan?bkn pengejawantahan kaum duafa?

  34. Avatar for bangfad

    jihanGT20-08-2013 at 15:15Reply

    wah smuanya cuman teory COTSU’buktinya gk jelas..q gk prnh ktmu org2 yg berilmu spt syekh siti jenar yg berhati mulia.adanya cuma ngaku2..

    • Avatar for bangfad

      iwan13-05-2015 at 06:24Reply

      Y jstru teori inlah yg lg dplajari,dkaji?kl mu ktmu y dh g mngkin gan?jngn brkomedi?

  35. Avatar for bangfad

    arief22-08-2013 at 02:27Reply

    Kl mau belajar ilmu kasunyatan, baca buku syech siti jenar karangan achmad khodjim, ato ikut ngaji tentang islam yg sbnr nya, bkn katanya, nanti anda semua akan tau kebenaran yg sejati, bkn katanya! , kita selama ini belajar agama hanya katanya dari bpk ibu, bpk ibu dari mbah, mbah dari buyut, kita hanya tau sholat, sahadat, dosa pahala, surga neraka, kafir dll, tp tdk pernah tau yg sbnr nya

    • Avatar for bangfad

      iwan13-05-2015 at 06:27Reply

      Aku stujuuuuu bro?tulisanmu sngt mnyentuh tpat ssaran??siiiiip
      Waspada???mahluk dangkal skrng brani bcara?cplas ceplos,slah bener g jadi mslah?yg pnting so tau dlu?hehehe…

  36. Avatar for bangfad

    mampir ngombe bro26-08-2013 at 09:51Reply

    Bismillahirohmanirrohim.

    Kulo ten mriki namung mampir ngombe,,
    Kulo namung Hambane Gusti Allah ingkang nyuwun dianggep dados umat’e kanjeng Rosulullah,,
    Mugo2 sok ten akherat hisab e gampang kanti anut Syari’at ipun Kanjeng Nabi Mochammad SAW.

    Klo blm matang ilmu Syari’at sebaiknya jgn terburu-buru belajar ilmu ma’rifat,jika blm matang ilmu ma’rifat jgn terburu-buru belajar ilmu Hakikat,
    Syech siti Jenar termasuk hamba Allah yang sudah matang Syari’atnya,karena beliau Waliyulloh,taraf Tauhid beliau tdk boleh dianut oleh sembarang kaum,,taraf Tauhid beliau baik jika di ajarkan kpd murid yang telah sempurna Syari’atnya,,akan tetapi jika pelajari oleh murid yang belum sempurna Syari’atnya sangat Tidak Baik.

    Pd awal penyebaran islam di tanah jawa,orang jawa dahulu blm cukup ilmu Syari’atnya untuk menerima Ajaran syech siti Jenar yang tingkat Ke Tauhid-annya sudah di atas Syari’at,Sehingga sampai sekarang masih di perdebatkan ajarannya.,
    Padahal tidak ada yang keliru dari ajaran syech siti Jenar,jika kita belajar ilmu Syari’at sudah sempurna.

    • Avatar for bangfad

      iwan13-05-2015 at 06:35Reply

      Wah…keburu mati dluan bro?mkin g ktmu kl kbnykan syareat?inget wktu syeh sti jnar drapatkan wali 9?? Kbnyakan syareat membingungkn+menyesatkn+makin bodoh?
      Kl bljar syareat trus kpalang tua mlh g tau thorekat,hakekat-ma’rifat?
      Trus kpn bljar hakekat+ma’rifat gan?? Jngn asal ngmong gan?ilmu syareat g bs dtmukn dgn baik sm ilmu datasnya?

  37. Avatar for bangfad

    putra01-09-2013 at 09:37Reply

    pernahkah mnta pd ALLOH kmu trus d beri….

    • Avatar for bangfad

      iwan13-05-2015 at 06:42Reply

      Yyyy?btul gan?
      Cm kl mnta y eling? Eling tu apa?eling marang takdire?buat tnggu hsil y da pross ksbran gan?
      Kl bcra mslah takdir y aga kjauhen y/ma’rifat bngt? Tp kl syareat yg dplajri trus tnpa hakekat-ma’rifat y cm stres ja?ksadaran yg tnggi: ma’rifat gan? Kl eling : eling sm waktuNya?

  38. Avatar for bangfad

    zutrees24-12-2013 at 19:21Reply

    he..he…he..di dunia ini nggak ada yang di katakan insan sempurna…pak yai, pak ustad, guru ngaji, pemahaman tentang ketuhan ya dari auliya dulu boss sampek ke sampean

    • Avatar for bangfad

      iwan13-05-2015 at 06:49Reply

      In haren bos?tu dh psti,kta g sh bcrkn trllu bnyak?
      Jngnkn kta brhrap smpurna?N.muhamad ja bnyak slah yg mlbhi kta? Msti g tau??? Cm dttup”I gan? Pngn tau??bca sjarah slain islam?dia lbh jjur drpd kta/islam? Dstu bnyak bukti yg sngja dhlangkn+pmbnaran”ajaran samawi?
      Tp jngn jd bngung y gan kl bragama?yg bner gman?y manunggalin g kawulo gusti gan?”Alloh lbh dkat dngn urat nadi kita”

  39. Avatar for bangfad

    Wong Agung04-02-2014 at 01:38Reply

    Boleh kalian baca tentang Ajaran Manunggaling Kawulo Gusti tetapi jangan berhenti di membacanya saja, karena dengan membaca saja bukan berarti sudah MKG

    Tetapi saran kami jangan mempercayainya dulu sebelum anda membuktikan kebenaran tentang ajaran Manunggaling Kawulo Gusti (MKG)

    [Wong Agung]

    • Avatar for bangfad

      iwan13-05-2015 at 06:58Reply

      Btuuuul gan?tp pa pda sanggup jnis tirakatnya? Sprti ilmu sangkan paraning dumadi?
      Hari+weton dpuasni smua?sprtinya pd g bs mmbuktikn gan? Cntoh : puasa ngrowod ngapit klahiran,slasa kliwon-snen manes?trus dputer”mningkat smp 45hari?
      Dlm puasa hrus mnhan ksbran/kduniawian?hrus bljar mmhami hari+weton?tu jin dh dbwah kta? Bru djuruskn ilmu”ma’rifat slnjtnya? Apa pd sanggup gan kl bkn orng niat?kl pmbuktian scra ilmu tnpa laku sprtual y gtu hsilnya?mrsa g mmpu,akhrnya nyri”fitnah gan?

  40. Avatar for bangfad

    Wong Agung04-02-2014 at 02:05Reply

    Menurut pandangan kami Manunggaling Kawulo Gusti yang dilakukan oleh Kanjeng Syech Siti Jenar lebih unggul dan di atasnya para Wali Songo
    Karena namanya manunggal itu ESA tidak dua lagi atau tiga lagi
    kenapa SSJ lebih unggul dari para Wali Songo,.. karena SSJ sudah tahu dan mengerti bahwa yang tercipta di alam semesta ini tidak ada yang langgeng atau kekal dan semua akan musnah atau lenyap (Suwung) dan yang kekal hanya Yang Mutlak Yang Tunggal Yang Satu (ESA)
    SSJ pada waktu itu bisa membongkar dirinya sendiri hingga musnah,.. dan pada waktu itu ilmu pengetahuan belum menjangkau tentag itu
    baru sekarang membuktikan bahwa yang dilakukan SSJ sesuai dengan ilmu pengetahuan
    Karena menurut ilmu pengetahuan yang disebut Syech Siti Jenar (SSJ) itu jika di lebur/dibongkar/diuraikan jika dicari intinya tidak ada
    SSJ ternyata terdiri dari berjuta-juta sel
    Satu sel SSJ ternyata terdiri ber-juta2 molekul
    Satu molekul SSJ terdiri dari be-rjuta2 atom
    Satu atom SSJ terdiri dari sub2 atom dan partikel2
    dan partikel2 terdiri dari ber-juta2 energy Quantum
    bahkan enerny Quantun jika nanti ilmu pengetahuan bisa menguraikan lagi masih ada tiga tataran dibawahnya lagi
    Ternyata yang dinamakan SSJ atau Hewan, tumbuh2an dll ternyata hanya terdiri dari perpaduan beberapa Unsur/faktor/elemen dan jika di cari terus akan lenyap dan itu sesuai dengan hukum kekekalan : “Sesuatu yang terdiri dari perpaduan unsur akan lenyap atau musnah” lha yang Kekal siapa,..?! Yang kekal adalah yang tidak terdiri dari perpaduan unsur atau tunggal (ESA) Yang Maha Esa inilah yang KEKAL
    Jadi dengan meleburkan unsur2 yang ada pada dirinya semua akan lenyap dan waktu itu SSJ sudah mengerti dan sudah bisa melakukannya untuk manunggal jadi satu (ESA) ora njobo ora njero cedak tan keno senggolan adoh tanpo wangenan
    Jika manusia meninggal kembali ke unsur air, angin, api, tanah berarti mereka belum sempurna… karena apa Air itu jika di bongkar atau di uraikan akan lenyap karena Air terdiri dari perpaduan unsur H2O begitu pula Angin kalau di bongkar ternyata terdiri dari berbagai unsur juga.

    [Wong Agung]

  41. Avatar for bangfad

    Wong Agung04-02-2014 at 02:17Reply

    Kalau ada yang berkata : lho itu tadi yang di urakan khan badan/phisycnya SSJ

    lha bathinnya ruhnya nafsunya bagaimana,..?!
    Jawabnya ya bathin yang terdiri dari perpaduan unsur ya harus lenyap… karena kembali kepada Yang Maha Suci itu tidak akan bisa jika masih OMBYOKAN 9terdiri dari perpaduan unsur/elemen/factor)

    Kita harus tahu bahwa yang ber-Nama Syech Siti Jenar itu hanya terdiri dari :
    NAMA & RUPA

    NAMA itu Bathin
    Bathin itu terdiri dari : Pikiran,.. Perasaan,.. Pencerapan dan Kesadaran

    RUPA itu Phisyc
    Phisyc itu terdiri dari Tubuh dan Panca indra yang memicu timbulnya nafsu-2

    NAMA & RUPA juga harus dilenyapkan juga..!!

    [Wong Agung}

  42. Avatar for bangfad Author

    Super Keren04-09-2014 at 10:06Reply

    terima kasih penjelasannya :)

  43. Avatar for bangfad

    Fadlie Unyuk Unyuk01-11-2014 at 16:39Reply

    ilmunya gak seberapa :)

  44. Avatar for bangfad

    rinto27-03-2015 at 18:19Reply

    sing eling, rosorongso, rumongsoroso, rumongso urip,

  45. Avatar for bangfad

    rinto27-03-2015 at 18:28Reply

    maaf? faham skarang taunya alquran n hadistnya. ga tau apa n mngapa nabi muhammad saw di angkat jd rasul stelah umur 30an? apa yg d pelajarinya sblum d angkat jd rasull? shingga mnjdi mnusia yg terpilih? pikirkan coba! itulah pljrn yg d pake SSJ?

    • Avatar for bangfad

      anto13-04-2015 at 13:11Reply

      wahai saudara ku semua,,ruh yg ada dalam diri kita adalah sebagian dari pada ALLAH,maka ALLAH itu sesungguh nya tidak jauh dari diri kita,KENALI DIRIMU BARU KENALI AKU, dari bahasa ini bisa kita pelajari bahwasanya kalau kita sendiri tidak tau siapa kita, bagaimana kita mau mengenal ALLAH,Ajaran syekh siti jenar ini sebenar nya ,merupakan salah satu pelajaran ,yang bisa membuat manusia itu mengenali dirinya sendiri,tetapi smua tergantung manusia nya,,,contoh nya, belajar tentang kasih sayang,rasa,keihklasan keteguhan hati dll,jika ini bisa kita lakukukan dengan benar insya allah saudara2 ku akan tau sebenarnya siapa diri kita ini.

    • Avatar for bangfad

      iwan13-05-2015 at 07:17Reply

      Wah…cba dsadari dlu gan? Mf, yg ngangkat nabi spa? Apa Alloh tu bs bcra sm N.mohamad?knpa kt g bsa?brrti modal yakin tnpa bukti?apa g musrik gan?
      Kasus sulaiman”pmndhan krjaan bilkis” buktinya g ada gan?dia pnakluk7krjaan bsar?tp akhirnya dhjar hbis”an sm babilonia/nebukat nesar?hdupnya trakhir ja foya”sm pmbntu”cantik+mabok”an? Tu yg dktkn sakti?pa g slah?
      Kl ilmu djawa/msl: aji gineng?tu bs bcra sm hewan,tmbhan/prabu angling darmo?
      Ksmpulane py?
      Ilmu+spritual : imbang? Bkn asal yakin?
      Mslh sulaiman+N.mohamad tu sastra gan?
      Kl pngn tau Alloh ssngguhnya y dri kta?mngkne kta hrus prcya dri/mslhe Alloh ada ddlm drkta? Bkn katanya,konon crtanya?

  46. Avatar for bangfad

    jembud31-07-2015 at 02:06Reply

    aku lah tuhan, aku lah guru syeh siti tenar, tak santet matek kabeh.

  47. Avatar for bangfad

    mawasdiri05-08-2015 at 00:31Reply

    mati urip podo ae…. butuhe ayem kabeh…

Leave a Reply