Home » Fakta, Unik & Keren » Dahsyatnya! Ilmu Kejawen yang dimiliki Syekh Siti Jenar!

Dahsyatnya! Ilmu Kejawen yang dimiliki Syekh Siti Jenar!

Kata “Kejawen” berasal dari kata Jawa, sebagai kata benda yang memiliki arti dalam bahasa Indonesia yaitu segala yg berhubungan dengan adat dan kepercayaan Jawa (Kejawaan). Penamaan “kejawen” bersifat umum, biasanya karena bahasa pengantar ibadahnya menggunakan bahasa Jawa. Dalam konteks umum, kejawen merupakan bagian dari agama lokal Indonesia. Seorang ahli antropologi Amerika Serikat, Clifford Geertz pernah menulis tentang agama ini dalam bukunya yang ternama The Religion of Java atau dalam bahasa lain, Kejawen disebut “Agami Jawi”.

Kejawen dalam opini umum berisikan tentang seni, budaya, tradisi, ritual, sikap serta filosofi orang-orang Jawa. Kejawen juga memiliki arti spiritualistis atau spiritualistis suku Jawa.

Penganut ajaran kejawen biasanya tidak menganggap ajarannya sebagai agama dalam pengertian seperti agama monoteistik, seperti Islam atau Kristen, tetapi lebih melihatnya sebagai seperangkat cara pandang dan nilai-nilai yang dibarengi dengan sejumlah laku (mirip dengan “ibadah”). Ajaran kejawen biasanya tidak terpaku pada aturan yang ketat, dan menekankan pada konsep “keseimbangan”. Dalam pandangan demikian, kejawen memiliki kemiripan dengan Konfusianisme atau Taoisme, namun tidak sama pada ajaran-ajarannya. Hampir tidak ada kegiatan perluasan ajaran (misi) namun pembinaan dilakukan secara rutin.

Simbol-simbol “laku” biasanya melibatkan benda-benda yang diambil dari tradisi yang dianggap asli Jawa, seperti keris, wayang, pembacaan mantera, penggunaan bunga-bunga tertentu yang memiliki arti simbolik, dan sebagainya. Akibatnya banyak orang (termasuk penghayat kejawen sendiri) yang dengan mudah mengasosiasikan kejawen dengan praktik klenik dan perdukunan.

Ajaran-ajaran kejawen bervariasi, dan sejumlah aliran dapat mengadopsi ajaran agama pendatang, baik Hindu, Buddha, Islam, maupun Kristen. Gejala sinkretisme ini sendiri dipandang bukan sesuatu yang aneh karena dianggap memperkaya cara pandang terhadap tantangan perubahan zaman.

Namun banyak yang menyandingkan ilmu kejawen dengan Ilmu Islam, itu yang menyebabkan kesalahan besar karena secara tauhid jelas bertentangan dengan Konsep Islam hanya saja mereka yang mempelajari kejawen beranggapan bahwa kejawen itu salah satu ajaran Syekh Siti Jenar.

Keyword yang dicari:

ilmu jawa kuno (668),ilmu kejawen (631),kejawen kuno (343)
« | »

61 Komentar "Dahsyatnya! Ilmu Kejawen yang dimiliki Syekh Siti Jenar!"


  1. gokil says:

    wiiiissssssssss……..
    Keren ya….
    Dari nama sudah bagus Syekh Siti Jenar….

    Tapi kox minta tolong pada jin ya….

    Asstaghfirullah hal azim…

  2. Kodok Ijo says:

    ilmu jawa di kemas galam bahasa jawa.

  3. Patih Raka says:

    Perlu kalian ketahui syekht siti jenar itu muridnya sunan giri,
    ia punya ilmu sakti itu dari gurunya tpi dengan curi diam2,
    setelah menguasainya dia menjadi murtad dri islam n sesat,
    setelah itu dia di bunur oleh wali songo di karenakan telah menyebarkan ajaran sesat,

    • jagad ono ing ati says:

      sudah pernah bertemu dg syech siti jennar. pasti anda hanya mengetahui dr buku , ato sebuah cerita sejarah..

      jgan mengucap sblm bertemu dg orangnya .. trimakasih

    • yono says:

      jk hnya mengandalkn mata tk melihat&membaca,otak tk berfikir jangan mudah tk menilai orang yg blum d kenal baik,kenali diri sendiri sblum menilai yg lain

    • radhan says:

      tau nggak nuduh sesuatu dianggap sesat

    • baju baja says:

      BAGUSSSS. sy pengen
      belajr

    • bagus says:

      ajaran syeh siti jenar adalah ajaran yang nilai sufinya sangat tinggi, manusia biasa kalau belum mencapai tatarannya memang suilit memahami, buka sesat bukan salah…..belajarlah lagi bila ingin tahu…..(bagus ws)

    • mansour sameer says:

      Patih raka, anda ngomong seenak udele dewe, sok tauuuuu…pernah belajar ajaran nya syekh siti jenar belom, sdh baca biografinya belom, kalo sudah dimana letak sesatnya??? Kalo belom pernah baca apapun tentang ilmu dan biografinya syekh siti jenar..anda telah menyebarkan fitnah orang yg mulia yg masih satu darah dengn nabi Muhammad saw..

    • sembara says:

      sok tahu…darimana kamu tahu klo syeikh siti jenar itu sesat?
      cari dulu infonya yang lebih komplit dan komplek…
      jgn men-judge org dengan seenaknya…jgn2 kmu sndiri yg sesat…

  4. -Ahmad Saki- says:

    apa masih ada ilmu itu pd zaman skrg.

    • SEMBARA says:

      masih byk mas ahmad…jgn kuatir tidak belajar ilmu seperti itu jika Allah memberikan mas jalan dan hidayahNya maka dengan cara tak disangka2 nantinya mas akan dipertemukan dengan guru yang mengajarkan ilmu tersebut secara gamblang, jelas dan detail sehingga mas sendiri akan tahu siapa kita dan siapa Tuhan (Allah) kita itu….yang penting sabar dan terus berikhtiar…

  5. Eby Cubby says:

    mau nieh, tp blajar nya harus kemana?
    kira2 ada yg instant gk?

  6. eby says:

    4, MANTRA PELET TATAP MATA

  7. ajiannya gan bisa g ana tau tu.

  8. Iblis says:

    begitulah orang di zaman sekarang yang selalu mengada-ngada tidak tau makna kesejatian hidup,..
    Taunya hanya makan tidur dan senang-senang,..
    Apa yang ada di pikiranx di ucapkan padahal tidak tau benar atau salah,..Hidup susah mati pun masih terjerat sekarat,..

  9. Usrok afc says:

    Tidak ada kekuatan selain Allah, dan hanya kepada Allah saja aku meminta.

    Apakah bukan termasuk musyrik meminta kepada selain Allah, walaupun itu saudara gaib kita ?…
    Bukanlah jaminan kalo ada manusia sekelas wali ato sunan (syeh siti jenar ato sunan kalijaga) tetap pada jalan yang benar, bisa jadi mereka tlah tergelincir tanpa mereka sadari. Karena semakin tinggi level keimanan seseorang maka semakin tinggi pula level setan penggodanya. Kembalilah kepada quran dan hadist

    Kalo ane gan, ane mau ktemu dg sodara gaib ane, tp ane g kan minta pertolongan dalam bentuk apapun, tp ane kan ajak tuk bertaqwa dan beriman.

    • Sahar says:

      Ber do’a emang hanya kepada ALLAH saw.tapi apakah ALLAH saw,langsung menberikan tampa melalui perantara….ALLAH saw hanya mengabulkan permohonan hambanya bukan men beri,kata men beri itu hanya di pakai oleh sesama cipta’an mahluk ALLAH saw…

    • faqih says:

      kalau gtyu kamu minta tolong ke dokter salah dong, , uuuups. . .itu hnya perantara bos, , hakekatnya tetap allah

    • sembara says:

      sama aja mas brow…

  10. Udin says:

    Ni udh zaman internet bung…

  11. Abid Haq says:

    Asstaghfirullah hal azim…
    Wahai semua saudaraku marilah kita bersama2 perbanyak istifar..

  12. JANGAN BELAJAR ILMU JAWA KUNO INI KALAU TIDAK KUAT BISA GENDENG , sampean gak tanggung jawab mas !!!!!! opo tumon rek dadi wong ko ngene wah payah.

    • sembara says:

      gendeng dari mana…sepengetahuan saya belajar ilmu apapun itu gak ada yang gendeng tuh….tapi klo “gendeng” ingin ketemu Kanjeng Nabi Muhammad dan ingin berdialog langsung deng 4JJI sudah sering

  13. manusia tak sempurna says:

    Ah gua kaga’ tau…
    Cranya kaga ada…

  14. yanto says:

    kyk nya sru.
    Emang ea syekh jenar murit yg murtat . Tp ap $lah nx qta bljr .tp jgan sampai meniru syekh jenar

    • SEMBARA says:

      yg mengatakan syeikh siti jenar itu murtad adlh orang yg gak tau asal usul syeikh siti jenar itu sendiri, siapa sbnarnya syeikh siti jenar dan bagaimana bimbingan yg diberikan syeikh siti jenar kepada murid2nya..

  15. Eyang Semar MAnik Moyo says:

    Semua Manusia itu pasti ada salahnya………

    Jangan kau merasa benar walau kau anggap dirimu Sudah Benar Cari lah kesalahanmu Sebelum kamu Menghujat Suatu Ajaran…..

    Semua Ajaran itu Baik Asal Tahu Tata Caranya…….

    Ingat lah Para Leluhur Kita Orang Jawa Jangan (Munafik)……….

    Jangan Cuman Isah Mengaji Tanbisa Mengeji……….

    Cari lah Sejatinya Hidup Di Dunia……. Tanpa harus membeda2kan……Semua Saudara.dan Semua akan menuju kepadanya………Salah Benar Hanya Gusti Allah Yang Tahu…….

  16. yus says:

    patih raka gendeng
    syech siti jenar dan walisongo adlh 1 guru.syech siti jenar murid pertama dan sudh sakti mandraguna, stelah tu bru mengangkt murid walisogo.Shebt apapun walisongo tdk bs mnglahkn 1 org syech siti jenar.seandaix ada sembilan syech siti jenar, walisongo ya bablas angine.

  17. dias says:

    Jangan asal bicara bos..kalian tau g’ klo presiden pertma kita (Bpk. Soekarno) itu adalah orang jawa..dia adalah satria paningit..klo mslh syeck jenar itu adalah rahasia,karena hanya orang tertentu yang mengetahuinya..

    Nb : Negara kita ini butuh sosok Bpk. Soekarno lagi..karena seorang pemimpin harus mempunyai kharisma serta tanggung jawab terhadap dirinya,keluarganya serta Rakyatnya..

  18. Pled says:

    Biarlah kacung tuh menggonggong sabab tak tau arti bener nu sabenerna

  19. arif mustakim says:

    gk ada ilmu jawa,,,,,,

  20. Nawaksara says:

    akeh kang apal Quran lan Hadist isih seneng ngafirke marang liyane,,kafire dewe dak di gateke……..

  21. sundelllobong says:

    akulah pewaris tunggal ilmu siti jenar

  22. Manteb dolor…
    Hidup siti jenar…

  23. JOYO LENGKORO says:

    Hai….saudaraku semua yg seneng dg kejawen,tolong beri tahu aku tentang ilmu SOSROBAHU itu apa…? apa Syeh Sitijenar juga punya ilmu tsb…….?

  24. Mahesa says:

    Buat yang merasa paling benar,
    Memiliki pengetahuan tentang Tuhan tidak akan otomatis membuatmu mampu berTuhan.
    Apalagi jika kau memiliki pengetahuan tentang Tuhan dari agama, kau bisa terjebak menuhankan agamamu.

  25. manik says:

    patih raka,sapa walisongo yg mampu bunuh syekh siti jenar…gk ada bro…itu penyimpangan sejarah…paling yg buat cerita itu ajaran import

  26. Satrio says:

    Kalo ingin sakti dr dulu patokanya ada 4.
    1) ngeningno cipto
    2) mandeng pucu’ing grono.
    3) madep, mantep marang kang morbowaseso.
    4) mekek babakan howo s0ngo,
    .

  27. manusia_biasa says:

    Tuhan bersemayam dalam sucinya hatimu. Manunggaling kawula GUSTI (baGUSing aTI). Itulah inti ajarannya. Jika msh di level syariat gak usah ikut2 bahasan ma’rifat drpd nanti bingung sendiri. Salam

  28. awi says:

    belajar baca dari kejadian jangan buru buru buat kesimpulan

  29. Herman Sign says:

    klo ga salah menurut cerita orang tua (temen kerja ane orang kejawen jg) siti jenar ilmunya emang tinggi dan katanya paling tinggi diantara wali songo…maka dari itu dia mau mengangkat diri sendiri menjadi wali yg ke 10…tp berhubung ke 9 wali menganggap ajarannya “mungkin” menyimpang dr ajaran islam maka Siti Jenar dibunuh oleh ke 9 wali tsb..benar ceritanya ato tidak allahu ‘alam…

  30. Wong belajar mati says:

    Assalamualaikum saudara semua, tidak perlu diributkan tapi ingat dan sadarlah semua kebenaran itu hanya milik Allah Swt, yg paling penting hanya satu tujuan kita semua sama, dan marilah kita bersatu untuk mengangkat kaum dhuafa’ itu lebih bermanfaat dari pada berdebat

  31. jihanGT says:

    wah smuanya cuman teory COTSU’buktinya gk jelas..q gk prnh ktmu org2 yg berilmu spt syekh siti jenar yg berhati mulia.adanya cuma ngaku2..

  32. arief says:

    Kl mau belajar ilmu kasunyatan, baca buku syech siti jenar karangan achmad khodjim, ato ikut ngaji tentang islam yg sbnr nya, bkn katanya, nanti anda semua akan tau kebenaran yg sejati, bkn katanya! , kita selama ini belajar agama hanya katanya dari bpk ibu, bpk ibu dari mbah, mbah dari buyut, kita hanya tau sholat, sahadat, dosa pahala, surga neraka, kafir dll, tp tdk pernah tau yg sbnr nya

  33. mampir ngombe bro says:

    Bismillahirohmanirrohim.

    Kulo ten mriki namung mampir ngombe,,
    Kulo namung Hambane Gusti Allah ingkang nyuwun dianggep dados umat’e kanjeng Rosulullah,,
    Mugo2 sok ten akherat hisab e gampang kanti anut Syari’at ipun Kanjeng Nabi Mochammad SAW.

    Klo blm matang ilmu Syari’at sebaiknya jgn terburu-buru belajar ilmu ma’rifat,jika blm matang ilmu ma’rifat jgn terburu-buru belajar ilmu Hakikat,
    Syech siti Jenar termasuk hamba Allah yang sudah matang Syari’atnya,karena beliau Waliyulloh,taraf Tauhid beliau tdk boleh dianut oleh sembarang kaum,,taraf Tauhid beliau baik jika di ajarkan kpd murid yang telah sempurna Syari’atnya,,akan tetapi jika pelajari oleh murid yang belum sempurna Syari’atnya sangat Tidak Baik.

    Pd awal penyebaran islam di tanah jawa,orang jawa dahulu blm cukup ilmu Syari’atnya untuk menerima Ajaran syech siti Jenar yang tingkat Ke Tauhid-annya sudah di atas Syari’at,Sehingga sampai sekarang masih di perdebatkan ajarannya.,
    Padahal tidak ada yang keliru dari ajaran syech siti Jenar,jika kita belajar ilmu Syari’at sudah sempurna.

  34. putra says:

    pernahkah mnta pd ALLOH kmu trus d beri….

  35. zutrees says:

    he..he…he..di dunia ini nggak ada yang di katakan insan sempurna…pak yai, pak ustad, guru ngaji, pemahaman tentang ketuhan ya dari auliya dulu boss sampek ke sampean

  36. Wong Agung says:

    Boleh kalian baca tentang Ajaran Manunggaling Kawulo Gusti tetapi jangan berhenti di membacanya saja, karena dengan membaca saja bukan berarti sudah MKG

    Tetapi saran kami jangan mempercayainya dulu sebelum anda membuktikan kebenaran tentang ajaran Manunggaling Kawulo Gusti (MKG)

    [Wong Agung]

  37. Wong Agung says:

    Menurut pandangan kami Manunggaling Kawulo Gusti yang dilakukan oleh Kanjeng Syech Siti Jenar lebih unggul dan di atasnya para Wali Songo
    Karena namanya manunggal itu ESA tidak dua lagi atau tiga lagi
    kenapa SSJ lebih unggul dari para Wali Songo,.. karena SSJ sudah tahu dan mengerti bahwa yang tercipta di alam semesta ini tidak ada yang langgeng atau kekal dan semua akan musnah atau lenyap (Suwung) dan yang kekal hanya Yang Mutlak Yang Tunggal Yang Satu (ESA)
    SSJ pada waktu itu bisa membongkar dirinya sendiri hingga musnah,.. dan pada waktu itu ilmu pengetahuan belum menjangkau tentag itu
    baru sekarang membuktikan bahwa yang dilakukan SSJ sesuai dengan ilmu pengetahuan
    Karena menurut ilmu pengetahuan yang disebut Syech Siti Jenar (SSJ) itu jika di lebur/dibongkar/diuraikan jika dicari intinya tidak ada
    SSJ ternyata terdiri dari berjuta-juta sel
    Satu sel SSJ ternyata terdiri ber-juta2 molekul
    Satu molekul SSJ terdiri dari be-rjuta2 atom
    Satu atom SSJ terdiri dari sub2 atom dan partikel2
    dan partikel2 terdiri dari ber-juta2 energy Quantum
    bahkan enerny Quantun jika nanti ilmu pengetahuan bisa menguraikan lagi masih ada tiga tataran dibawahnya lagi
    Ternyata yang dinamakan SSJ atau Hewan, tumbuh2an dll ternyata hanya terdiri dari perpaduan beberapa Unsur/faktor/elemen dan jika di cari terus akan lenyap dan itu sesuai dengan hukum kekekalan : “Sesuatu yang terdiri dari perpaduan unsur akan lenyap atau musnah” lha yang Kekal siapa,..?! Yang kekal adalah yang tidak terdiri dari perpaduan unsur atau tunggal (ESA) Yang Maha Esa inilah yang KEKAL
    Jadi dengan meleburkan unsur2 yang ada pada dirinya semua akan lenyap dan waktu itu SSJ sudah mengerti dan sudah bisa melakukannya untuk manunggal jadi satu (ESA) ora njobo ora njero cedak tan keno senggolan adoh tanpo wangenan
    Jika manusia meninggal kembali ke unsur air, angin, api, tanah berarti mereka belum sempurna… karena apa Air itu jika di bongkar atau di uraikan akan lenyap karena Air terdiri dari perpaduan unsur H2O begitu pula Angin kalau di bongkar ternyata terdiri dari berbagai unsur juga.

    [Wong Agung]

  38. Wong Agung says:

    Kalau ada yang berkata : lho itu tadi yang di urakan khan badan/phisycnya SSJ

    lha bathinnya ruhnya nafsunya bagaimana,..?!
    Jawabnya ya bathin yang terdiri dari perpaduan unsur ya harus lenyap… karena kembali kepada Yang Maha Suci itu tidak akan bisa jika masih OMBYOKAN 9terdiri dari perpaduan unsur/elemen/factor)

    Kita harus tahu bahwa yang ber-Nama Syech Siti Jenar itu hanya terdiri dari :
    NAMA & RUPA

    NAMA itu Bathin
    Bathin itu terdiri dari : Pikiran,.. Perasaan,.. Pencerapan dan Kesadaran

    RUPA itu Phisyc
    Phisyc itu terdiri dari Tubuh dan Panca indra yang memicu timbulnya nafsu-2

    NAMA & RUPA juga harus dilenyapkan juga..!!

    [Wong Agung}


Halo, Silahkan Tinggalkan Komentarnya