Home » Artikel » Jembatan Kapuas 1 Kalimantan Barat nyaris Roboh

Jembatan Kapuas 1 Kalimantan Barat nyaris Roboh

http://pram.web.id/blog/wp-content/uploads/2008/03/jembatan-kapuas_.JPG

Jembatan Kapuas 1 Kalimantan Barat nyaris Roboh

Jembatan yang dibangun tahun 1980 itu yang sekarang menjadi jalan utama untuk menuju ke pusat kota pontianak tiba-tiba saja ditutup oleh Polisi, sebelumnya memang jembatan kapuas tersebut sedang diperbaiki namun masih bisa digunakan untuk beraktifitas diatasnya, hanya saja hari ini (Jumat, 30 Agustus 2013) terjadi benturan di tiang penyangganya yang menyebabkan keretakan disepanjang jembatan kapuas tersebut.

Bunyi tabrakan yang nyaring dan membuat pengendara yang melintas diatasnya kaget dan seperti yang diberitakan, 3 tiang penyangga nyaris ambruk setelah ditabrak oleh Kapal Motor Tongkang yang membawa boksit tiba-tiba berubah arah karena kapal penariknya tidak cukup tenaga untuk menarik tongkang tersebut sehingga tongkang tersebut berubah arah dan menabrak 3 pilar utama Jembatan Kapuas tersebut.

Kini Jembatan tersebut belum dapat dilewati oleh kendaraan dan untuk sementara kendaraan dialihkan ke jalan alternatif (sungai ambawang) dan melalui jembatan Kapuas II.

Ada 2 Jembatan Kapuas di Wilayah Kalimantan Barat tepatnya di Kota Pontianak dan Kabupaten Kuburaya, berikut sejarah dari masing-masing Jembatan Kapuas I dan Jembatan Kapuas II serta perencanaan Jembatan Kapuas III.

Sejarah jembatan Kapuas I yang terletak di Kota Pontianak, menghubungkan Kecamatan Pontianak Selatan dengan Kecamatan Pontianak Timur. Jembatan ini dibangun pada tahun 1980 dan diresmikan oleh Presiden Soeharto pada tahun 1982. Jembatan yang dibangun dengan dana Rp6,06 miliar ini pada awalnya difungsikan sebagai jalan tol yang berarti setiap pengguna jembatan ini dipungut tarif tol. Namun karena jembatan ini dianggap sudah menjadi jalur utama dan tidak ada jalur alternatifnya, pungutan tarif tol dihapus pada pertengahan 1990-an dan jembatan ini bebas dilalui pengendara.

Jembatan Kapuas II terletak di Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, menghubungkan dua wilayah Kecamatan Sungai Raya yang dipisahkan oleh Sungai Kapuas. Pembangunan jembatan ini diresmikan oleh Wakil Presiden Hamzah Haz pada tahun 2003 dan diresmikan penggunaannya oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada tahun 2007. Jembatan yang menghabiskan dana Rp110 miliar ini dibangun untuk menampung mobilitas kendaraan yang sudah tidak mampu ditampung Jembatan Kapuas I.

Jembatan Kapuas III saat ini masih dalam tahan perencanaan. Jembatan yang digagas oleh mantan Walikota Pontianak Buchari Abdurrachman ini rencananya akan menghubungkan Kecamatan Pontianak Barat dengan Kecamatan Pontianak Utara. Karena letaknya pula, jembatan ini direncanakan akan melintasi garis lintang 0 derajat alias Garis Khatulistiwa. Namun karena terkendala pembebasan lahan, Walikota penerus Buchari, Sutarmidji mengusulkan untuk dibangun di samping Jembatan Kapuas I.

Penulis Fadli

Keyword yang dicari:

jembatan kapuas 1 (1),SEJarah pembangunan jembatan kapuas 1 (1),tol roboh kapuas pontianak (1)
« | »

0 Komentar "Jembatan Kapuas 1 Kalimantan Barat nyaris Roboh"



Halo, Silahkan Tinggalkan Komentarnya