SEO paling KEREN

Mengungkap Fakta Terpendam

Kelebihan Samsung Galaxy S4 yang tenar di jagat IT

Desain

Samsung Galaxy S4

Samsung Galaxy S4

Seperti sudah banyak diulas, desain Galaxy S4 tidak jauh bedanya dengan Galaxy S III. Namun S4 terlihat lebih simetris dibandingkan kakaknya itu. Plastik kembali jadi pilihan Samsung di handset flagship-nya ini, yang lumayan banyak dikritik. Namun setelah dipegang terasa lumayan solid. Aksen metalik di sisi luarnya membuat penampilannya menjadi lebih menarik.

Galaxy S4 terasa nyaman dioperasikan dan mantap dalam genggaman tangan, meski sejatinya ukurannya cukup besar. Bentang layarnya saja mencapai 5 inch. Galaxy S4 yang hanya setipis 7,9 mm juga berpengaruh pada bobotnya yang ringan. Sebagai catatan, S4 lebih tipis dibandingkan S III.

Memang dari sisi material Galaxy S4 boleh saja kalah dari HTC One atau Xperia Z. Namun penampilannya sejatinya lumayan menarik, ditunjang oleh bobotnya yang ringan dan mantap dalam genggaman.

Layar

Layar definisi tinggi seolah sudah menjadi teknologi wajib smartphone masa kini. Demikian juga dengan S4 yang sudah mempunyai resolusi definisi tinggi 1920 x 1080 pixel dan kepadatan pixel 441 ppi (pixel per inch). Hasilnya, layar S4 sangat cemerlang. Ditunjang dengan teknologi Super Amoled, maka warna yang ditampilkan pun terlihat mencolok.

Sistem operasi yang dipakainya adalah Android Jelly Bean. Seperti biasa, Samsung melakukan modifikasi di sana-sini dalam interface yang dinamakan TouchWiz. Samsung menyediakan cukup banyak widgets custom, Termasuk Samsung Hub, S travel dan sebagainya. Juga ada toko aplikasi miliknya, Samsung Apps.

Performa

Galaxy S4 yang dicoba detikINET modelnya adalah GT I9500 yang punya prosesor octa core. Jenis yang lain adalah GT I9505 yang mengandalkan prosesor quad core.

Ini sesuai dengan kabar sebelumnya bahwa Indonesia akan kebagian Galaxy S4 octa core. Menarik untuk membahas prosesor Exynos 5 Octa yang memiliki 8 otak tersebut. Namun demikian, prosesor ini tidak murni 8 otak.

Exynos 5 Octa memakai arsitektur dari ARM yang disebut big.LITTLE. Lebih akurat untuk mengatakannya sebagai dua prosesor quad core yang bekerja sesuai kebutuhan daripada sebuah chip dengan 8 core.

Terdapat empat inti prosesor performa tinggi dengan clock speed sampai 1,6 GHz serta empat inti lagi yang lebih efisien powernya, dengan clock speed sampai 1,2 GHz. Masing-masing disebut Cortex A15 dan A7.

ARM mendeskripsikan A15 cocok untuk melakukan tugas berat seperti main game. Sedangkan Cortex A7 ditujukan untuk melakukan tugas yang lebih ringan, seperti operasional ponsel.

Kamera & Lain-lain

Kamera 13 megapixel menjadi andalan Galaxy S4. Hands on ini dilakukan pada malam hari sehingga cocok untuk menjepret dalam kondisi low light. Hasilnya lumayan bagus meski tidak spektakuler. Dan tetap saja seperti umumnya kamera smartphone, kurang bisa menjepret obyek secara detail dalam kondisi cahaya rendah. Kamera S4 punya beragam fitur. Seperti bisa menjepret dengan kamera depan dan belakang dalam waktu bersamaan.

Seperti sudah diberitakan, Samsung membenamkan bermacam fitur software di Galaxy S4. Yang sempat dicoba adalah Air Gesture, yakni bisa mengoperasikan beberapa fitur tanpa harus menyentuh layar dan nyatanya ketika dicoba di menu Gallery, fitur Air Gesture berjalan lumayan mulus. Cukup sapukan tangan di atas layar, maka foto bisa berpindah-pindah sendiri.

Sensor Smart Screen juga berjalan lancar. Fitur ini memungkinkan video berhenti secara otomatis jika mata pengguna tidak menatap pada layar. Kemudian melanjutkannya lagi jika mata sudah kembali melihat layar.

Kesimpulan

Apakah Galaxy S4 pantas ditunggu? Melihat hasil hands on ini, sepertinya S4 punya potensi besar menjadi salah satu smartphone Android terbaik tahun ini, kalau tidak yang terbaik. Memang bodinya terbuat dari plastik yang mungkin tidak menjadi favorit semua orang. Namun dari sisi jeroan dan performa, Galaxy S4 tampak bisa diandalkan.

Fitur tambahannya seperti Air Gesture, Smart Screen dan sebagainya menjadi nilai tambah tersendiri. Meski mungkin ada yang menganggapnya cuma gimmick marketing saja. Namun setidaknya, jika ditunjukkan untuk pamer pada teman, fitur tersebut lumayan cool. Rasanya S4 sangat patut dipertimbangkan bagi peminat ponsel premium.

Spesifikasi
SIM: Micro-SIM
Dimensi: 136,6 x 69,8 x 7,9 mm
Berat: 130 g
Layar: Super AMOLED, 16M colors, 1080 x 1920 pixels, 5,0 inch (441 ppi pixel density)
Perlindungan layar: Corning Gorilla Glass 3
Memory: 16/32/64 GB storage + slot microSD, 2 GB RAM
Kamera: 13 MP, 4128 x 3096 pixels, autofocus, LED flash, Dual Shot, Simultaneous HD video and image recording, geo-tagging, touch focus, face and smile detection, image stabilization, HDR
Video: 1080p@30fps, dual-video rec.
Kamera depan: 2 MP,1080p@30fps, dual video call
Sistem operasi: Android OS, v4.2.2 (Jelly Bean)
Chipset: Exynos 5 Octa 5410, CPU Quad-core 1.6 GHz Cortex-A15 & quad-core 1.2 GHz Cortex-A7
GPU: PowerVR SGX 544MP3
Baterai: Li-Ion 2600 mAh

sumber: detik.com

Tags: ,

One Response

  1. Fadlie Unyuk Unyuk12-07-2013 at 01:14Reply

    Tenar di EROPAA.

Leave a Reply