SEO paling KEREN

Mengungkap Fakta Terpendam

KEMAJUAN TEKNOLOGI DALAM BIDANG HUBUNGAN MASYARAKAT DAN PERIKLANAN

KEMAJUAN TEKNOLOGI DALAM BIDANG HUBUNGAN MASYARAKAT DAN PERIKLANAN

Baik bidang humas maupun periklanan tidak luput dari perkembangan teknologi. Perkembangan teknologi ternyata dapat membantu memajukan kinerja dan proses yang terjadi dalam kedua bidang tersebut. pastinya, dengan bantuan teknologi pekerjaan di bidang humas dan periklanan semakin maju, berkembang dan penuh inovasi yang tak lain tak bukan tujuannya adalah demi memudahkan pelaksanaan kerja kedua bidang tersebut.

????? PUBLIC RELATION

Dalam melaksanakan tugasnya para praktisi humas dibantu dengan beragam media dan teknologi yang dapat membantu mereka menciptakan, mengirim, dan melacak komunikasi yang efektif dan efisien diantara para pekerja dan klien perusahaan. Sejak tahun 1990, seorang humas profesional selalu menggunakan media seperti news release, pitch letters dan press kits untuk membantu tugas-tugas mereka.

Namun perkembangan teknologi ikut mengembangkan media-media konvensional tersebut menjadi media yang lebih modern yang mengandalkan komunikasi lewat audio, video dan komputer. Perkembangan tersebut memberikan mereka kemudahan untuk menjangkau banyak orang secara lebih personal dan langsung.

Berikut ini adalah beberapa teknologi yang membantu seorang humas profesional dalam melaksanakan tugasnya yang dapat melengkapai dan/atau menggantikan media-media konvensional tadi, yaitu :

  • Video News Release (VNR)

Video News Release adalah berita televisi yang siap diudarakan yang digunakan pada program berita. VNR adalah bentuk multimedia dari news release yang dicetak. Biasanya digunakan untuk bidang kesehatan, pelayanan konsumen, teknologi, agen perjalanan, dan cerita tentang bisnis tertentu. Mungkin kita ingat terkadang setelah program berita dan sebelum program berikutnya terkadang diselipkan satu program yang menayangkan tentang sebuah perusahaan yang meluncurkan produk baru ataupun sekilas tentang usaha dari perusahaan tersebut. Itulah yang disebut VNR. Panjang VNR adalah 90 ? 120 detik.

  • Editted B-Roll (Outtake) Packages

Editted B-Roll (Outtake) Packages adalah salah satu bentuk dari VNR. B-Roll memiliki kelebihan dibandingkan VNR yaitu lebih efisien dari segi biayada dan dapat bekerja untuk proyek yang cepat.

  • Satellite Media Tour (SMT)

Satellite Media Tour (SMT) adalah salah satu media yang digunakan oleh seorang humas profesional. SMT adalah media dimana seorang humas dapat diwawancarai secara langsung oleh stasiun televisi di seluruh tempat yang diinginkan. SMT membutuhkan tenaga waktu dan biaya yang cukup besar. Hal ini dikarenakan seorang humas harus menghabiskan waktunya dalam studio televisi atau lokasi tempat wawancara selama interview ditayangkan secara langsung kepada halayak.

  • E-SMT

E-SMT adalah SMT yang dilakukan dengan menggunakan internet sebagai media salurannya. E-SMT menggunakan satelit dan komputer dalam proses pengerjaannya. E-SMT menyediakan cara yang mudah bagi klien dari seorang humas untuk mengizinkan media dan partisipasi dalam konferensi pers, dimana mereka dapat menyaksikan berlangsungnya sebuah acara dan dapat mengirimkan pertanyaan lewat e-mail baik sebelum, selama dan setelah acara tersebut berlangsung.

  • Webcast

Webcast adalah sebuah bentuk dari produksi penyiaran melalui video streaming dan audio. Webcast khususnya digunakan untuk mengrim konferensi pers secara langsung atau acara lainnya pada layar komputer dari khalayak sasaran. Kebanyakan webcast dapat diputar ulang atas permintaan khalayak yang ketinggalan siaran langsungnya atau dapat digunakan juga oleh para produser untuk diambil isinya dan digunakan untuk tujuan yang lain.

  • Interactive News Release

Interactive News Release dikirim melalui e-mail atau ditaruh pada sebuah website sebagai pandangan umum untuk masyarakat atau pada area khusus pers. Namun interactive news release memiliki kelemahan yaitu dapat membawa virus komputer.

  • Electronic Press Kits (E-Kits)

Electronic Press Kits (E-Kits) adalah versi e-mail atau internet dari press kits cetak konvensional. Bedanya adalah e-kits daripada press kits cetak konvensional. E-Kits digunakan untuk pelengkap atau pengganti press kits cetak konvensional.

  • Blogs atau Web Logs

Blogs atau Web Logs adalah media yang dapat menyebarkan berita, rumor, kritik, dan opini dengan begitu cepat sehingga banyak praktisi humas yang menggunakan media ini sebagai sarana evaluasi kinerjanya. Dengan blogs atau web logs digunakan para praktisi humas untuk melihat dampak dari apa yang telah mereka terbitkan pada pekerja atau kliennya.

  • Online Advocacy System

Online Advocacy System menizinkan sebuah institusi untuk mengorganisasikan dan mengatur kampanye online yang melibatkan pekerja investor, pelanggan, dan para pemegang saham dalam mempromosikan produk mereka.

  • Online Media Database

Online Media Database adalah dimana tersimpan informasi mengenai ribuan reporter di seluruh dunia. Data dapat digunakan untuk meneliti riwayat hidup seseorang, alamat rumah dan alamat e-mail yang dapat memudahkan para humas untuk melaksanakan pekerjaannya.

  • Online Tracking and Monitoring System

Online Tracking and Monitoring System membantu praktisi humas untuk melacak apa yang dikatakan media, perusahaan saingan, pelanggan dan lainnya tentang pekerja atau klien mereka.

  • E-mail

E-mail adalah salah satu media yang banyak digunakan oleh para humas untuk menghubungi pers satu-persatu dengan mengirimkan pitch letters. E-mail digunakan untuk news release kepada pers. Akan tetapi tidak semua pers mau menggunakan e-mail sebagai sarana penggunaan news release. Inovasi lain dari e-mail adalah pesan instan atau IM yang dapat membuat praktisi humas bekomunikasi secara langsung dengan media dan khalayak yang online pada saat yang sama dengan mereka. Keuntungan IM adalah seorang humas dapat meyimpan alamat IM lebih pribadi dan membaginya hanya dengan orang-orang tertentu saja.

  • Online Press Rooms

Online Press Rooms dimiliki oleh kebanyakan perusahaan pada situs mereka. Online press rooms memudahkan editor dan reporter untuk mengakses berita pengumuman dan mencari kontak staf perusahaan jika mereka ingin menanyakan sebuah informasi atau memberikan komentar. Kebanyakan online press rooms memiliki arsip dari release sebelumnya, foto dan materi pendukung materi lainnya.

????? PERIKLANAN

  • Internet Advertising

Teknologi dalam bidang periklanan berkembang seiring perkembangan media massa. Salah satu perkembangan teknologi yang memiliki dampak besar di dunia periklanan adalah internet. Advertising on blogs (chat room dengan format e-newsletter), intermercials (iklan yang tampil sebelum ISP terhubung ke internet, dan buttons (banner iklan mini) adalah beberapa diantara perpaduan antara periklanan dan internet.

Ada yang menyebutkan bahwa internet bukan hanya cara yang tepat untuk menjangkau khalayak yang besar tetapi juga cara yang dapat memperluas efektivitas dari media konvensional yang digunakan untuk beriklan seperti koran, majalah, radio, dan televisi.aspek menarik dari internet adalah kondisinya yang interaktif. Internet adalah sumber data yang responsif dan fleksibel dengan pertukaran pesan yang sifatnya dua arah.

Salah satu perkembangan periklanan yang melibatkan internet adalah viral marketing. Bentuk periklanan ini mencakup tim penjualan yang melakukan pendekatan dengan partisipan lewat perbincangan tentang produk mereka di chat rooms dan on message boards. Strateginya adalah menstimulasi diskusi tentang merek yang akan dipromosikan dan berharap pelanggan lama yang mengikuti diskusi akan menyebarkannya melalui mulut ke mulut dan mempromosikan produk tersebut ke pelanggan baru.

Cara lain yaitu dengan menggunakan banner iklan di sebuah situs. Ketika kita membuka sebuah situs maka akan muncul banner iklan dari perusahaan yang hendak mepromosikan produknya, yang ketika di-klik maka kita akan terbawa ke situs pengiklan tersebut. Akan tetapi, cara ini kurang efektif karena tidak semua orang akan tertarik atau bahkan melihat dan kemudian untuk meng-klik situs pengiklan tersebut. Untuk mengatasinya banner iklan saat ini diletakkan di tengah-tengah halaman situs.

Dibalik semua tantangan tersebut, internet tetap nomor satu bagi industri iklan. Saat ini pengiklan dapat menjangkau pelanggan secara efisien dengan melalui sebuah sistem jaringan iklan online. Hal ini dapat membantu pengiklan untuk mengukur efektivitas dari kampanye lewat internet yang mereka lakukan. Mereka meraihnya dengan mengidentifikasi pelanggan yang setia, melacak perilaku mereka saat surfing di internet, dan berkomunikasi dengan mereka dengan cara yang relevan dan berbiaya efektif.

Teknologi informasi telah menciptakan dan melanjutkan penciptaan cara-cara baru dalam membangun hubungan antara pelanggan dan produk. Teknologi database marketing membuat hal ini sangat mungkin dalam skala yang besar.dalam hal ini pengiklan memasukkan semua informasi tentang pelanggan sehinnga semua pesan dapat dipersonalisasikan di kemudian hari.

E-Commerce adalah cara baru dalam transaksi komersial dan perdagangan yang ada di internet. Dengan e-commerce, pelanggan dapat mengunjugi sebuah situs dengan produk bersaing dan informasi harga, menanyakan hal-hal yang ingin diketahi, membaca komentar dari pelanggan lain dan bahkan membeli produk tersebut.

  • New Advertising Media

Sarana media lainnya selain internet adalah digital video recorders (DVR). DVR memberikan pelanggan kendali terhadap program yang akan mereka tonton termasuk melewatkan jeda iklan, dan meneruskan program tanpa terganggu iklan. Hal ini memicu timbulnya advertainment dimana sebuah produk yang akan diiklankan secara implisit diletakkan di dalam sebuah program favorit. Dengan begitu, khalayak tidak akan melewatkannya karena iklan berada di dalam acara yang mereka tonton. Sebagai contoh, adalah kemunculan moment dalam kompetisi Indonesian Idol yang kemudian setelahnya disebutkan bahwa momnet tersebut dipersembahkan oleh sebuah produk. Atau melalui penempatan produk minuman merek tertentu di meja juri, sehingga ketika juri sedang memberikan komentar mau tidak mau produk tersebut terlihat oleh khalayak dan tidak bisa melewatkan adanya iklan ?terselubung? ini.

Selain itu perkembangan teknologi juga memberikan sentuhan baru pada penggunaan media iklan konvensional seperti baliho atau poster. Namun, poster atau baliho saat ini tidak hanya mengandalakan dari pencetakan dia ats kertas, kain atau bahan lainnya. Poster atau baliho digantikan oleh layar televisi dengan teknologi khusus yang sedemikian rupa sehingga bisa menampilkan gambar bergerak yang mempromosikan produk tertentu. Ini disebut digital imaging technology. Selain dipasang di jalan, teknologi periklanan in ijuga diletakkan di tempat-tempat tertentu, biasanya di arena olahraga. Kita pasti sering melihat di arena olahraga seperti basket atau sepakbola terdapat layar besar yang secara berkelanjutan dan bergantian menampilkan berbagai produk yang mensponsori pertandingan tersebut.

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

No Responses

Leave a Reply