SEO paling KEREN

Mengungkap Fakta Terpendam

Masjid di “Stadion Adu Banteng” Barcelona akan jadi yang terbesar di seluruh Eropa.

http://static.guim.co.uk/sys-images/Guardian/Pix/pictures/2014/6/25/1403706635986/La-Plaza-Monumental-011.jpg

Diberitakan Russia Today, Selasa lalu, pemerintah Qatar telah setuju atas harga yang ditawarkan untuk stadion bersejarah tersebut. Harganya fantastis, yaitu 2,2 miliar Euro atau sekitar Rp36,2 triliun. Stadion adu banteng yang paling terkenal di Barcelona akan diubah menjadi masjid terbesar di Eropa. Rencana ini akan segera terealisasi setelah pemerintah Barcelona menyetujui pembelian stadion La Monumental tersebut oleh Emir Qatar.

Rencananya, stadion itu akan diubah menjadi masjid dengan menara setinggi 300 meter, atau yang tertinggi ketiga setelah Masjidil Haram di Mekkah dan Masjid Nabawi di Madinah. Masjid tersebut nantinya akan bisa menampung hingga 40.000 jemaah dan pembangunannya diperkirakan rampung pada 2020.

Selain itu, di masjid tersebut akan terdapat ruang pertemuan, pusat studi al-Quran dan museum seni dan sejarah Islam. Menurut koran Spanyol, 20 Minutos, pengelola stadion Balana Group telah menyetujui pembelian tersebut. Sekarang tinggal mendapatkan izin dari Dewan Kota Barcelona.

Dibuka pada 1914, stadion La Monumental de Barcelona menghadirkan adu banteng yang terkenal. Namun atraksi para matador membunuh banteng ini dihentikan pada 2010. Selain untuk adu banteng, di stadion itu juga pernah digelar konser artis-artis legendaris, sebut saja The Beatles, Tina Turner, the Rolling Stones dan Bob Marley.

La Monumental bukan stadion adu banteng pertama yang direncanakan jadi masjid. Sebelumnya pada 2004 stadion Las Arenas akan dibeli oleh Arab Saudi. Namun rencana itu ditolak dewan kota Barcelona, stadion akhirnya diubah jadi pusat perbelanjaan.

Muslim di Spanyol berjumlah 1,4 juta orang. Islam adalah agama terbesar kedua setelah Kristen. Sensus tahun 2012 menunjukkan bahwa di Barcelona ada 500.000 umat Islam. Kendati demikian, tidak ada masjid, hanya rumah-rumah kecil yang dijadikan tempat ibadah

Tags: , , , , , , ,

No Responses

Leave a Reply