SEO paling KEREN

Mengungkap Fakta Terpendam

Mitos atau Fakta Minum Es Membahayakan Jantung

ice_cnttEs adalah minuman yang sangat menyegarkan, apalagi saat musim panas dan disaat bulan puasa terasa begitu nikmat. Kebanyakan orang setelah makan mereka memilih meminum air es sebagai pelepas dahaganya ketimbang minum air hangat. Awalnya es memang begitu nikmat dan menyegarkan tubuh, tetapi di balik kesemua itu ternyata air es sangat membahayakan pencernaan dan jantung yang lebih utama.

Di Jepang dan Cina, ada sebuah kebiasaan yang selalu diterapkan oleh masyarakatnya yaitu dengan meminum air panas atau hangat di saat makan. Ternyata kebiasaan ini memiliki manfaat yang luar biasa sehingga terus dipertahankan warga Jepang dan Cina.

Hasil penelitian para ahli menemukan bahwa air es dapat membekukan makanan berminyak dan lemak* dari makanan yang kita makan. Lemak yang terbentuk di dalam usus akan mengakibatkan penyempitan saluran-saluran pencernaan sehingga mengakibatkan kegemukan.

Orang yang memiliki kondisi tubuh yang tidak ideal atau gemuk akan mudah terserang penyakit, terutama penyakit jantung. Dengan naiknya berat badan akan memacu penimbunan lemak pada tubuh hingga mampu menutupi jantung.

Jantung yang tertutupi oleh lemak akan sulit memompa darah sehingga mulailah muncul permasalahan pada jantung. Serangan jantung biasanya akan terasa pada tangan sebelah kiri lalu merambat sedikit demi sedikit hingga sekujur tubuh. Jika jantung sudah terganggu, maka organ lain pun akan ikut terganggu.

Oleh karena itu biasakanlah minum air hangat saat makan agar lemak dan minyak yang terkandung dalam makanan dapat hancur dan terserap oleh tubuh.

Meskipun kutipan diatas mengenai gejala serangan jantung bisa dikatakan cukup akurat, akan tetapi hubungan antara serangan jantung dan kebiasaan minum air dingin setelah makan sangat2 diragukan. Sangat sulit untuk menemukan literatur medis dari sumber yang dapat dipercaya mengenai hubungan diantara keduanya.

Air dingin yang kita minum setelah makan tidak akan membekukan makanan berminyak. Panas tubuh bagian dalam kita akan segera meniadakan perbedaan temperatur dari makanan apapun yang masuk ke dalamnya, selain itu asam yang terdapat di dalam lambung juga akan secara efektif “memecahkan” lemak sebelum dapat mencapai usus.

Tags: , , , ,

No Responses

Leave a Reply