SEO paling KEREN

Mengungkap Fakta Terpendam

Studi Kasus Tentang Perawatan Bayi Baru Lahir Dengan Pendekatan Manajemen Kebidanan

Studi Kasus Tentang Perawatan Bayi Baru Lahir Dengan Pendekatan Manajemen Kebidanan

Pengertian Bayi Baru Lahir

Bayi adalah anak yang belum lama lahir (Kamus Besar Bahasa Indonesia, 2002).

Bayi baru lahir adalah bayi yang lahir dari kehamilan 37 minggu sampai 42 minggu dan berat badan lahir 2.500 sampai dengan 4.000 gram (Pusdiknaskes, 1992:70).

Bayi baru lahir atau neonatus adalah organisme yang sedang berada pada periode adaptasi kehidupan intrauterine kehidupan ekstrauterine (Marjono, 2000).

Bayi baru lahir resiko tinggi adalah bayi yang mempunyai kemungkinan lebih besar untuk menderita sakit atau kematian dari pada bayi lain (Asring, dkk, 2003)

Mencegah infeksi (APN, 2005)

Bayi Baru Lahir sangat rendah rentan terhadap Infeksi mikroorganisme yang terpapar atau terkontaminasi selama proses persalinan berlangsung maupun beberapa saat setelah lahir. Untuk tidak menambah resiko infeksi maka sebelum menangani Bayi Baru Lahir pastikan penolong persalinan dan pemberi asuhan bayi baru lahir telah melakukan upaya pencegahan infeksi sebagai berikut :

  1. Cuci tangan dengan seksama sebelum dan sesudah bersentuhan dengan bayi.
  2. Pakai sarung tangan bersih pada saat menangani bayi yang belum dimandikan.
  3. Pastikan semua peralatan dan bahan yang digunakan, terutama klem, gunting. Penghisap lendir delay, alat resusitasi dan benang tali pusat. Telah didensifektan tingkat tinggi atau strelisasi. Gunakan bola karet yang baru dan bersih jika akan melakukan penghisapan lendir (jangan menggunakan bola karet penghisap yang sama untuk lebih dari satu bayi).

Pastikan semua pakaian, handuk, selimut dan kain yang digunakan untuk bayi, sudah dalam keadaan bersih. Demikian pula halnya timbangan, pita pengukur, thermometer, stetoskop dan benda-benda lain yang akan bersentuhan dengan bayi. Dekontaminasi dan cuci bersih semua peralatan, setiap kali setelah digunakan (APN, 2005).

Tugas Akhir ini dapat di download, silakan kirim email ke admin

Tags: , , , , , , , , , , , ,

No Responses

Leave a Reply