Fakta King dan Queen Kartu Remi serta Sejarahnya

Permainan legenda ini sekarang masih banyak dimainkan, Kartu Remi yang sering kita pakai untuk permainan baik itu, poker, remi box atau sejenisnya, kartu remi digunakan untuk mengadu ketangkasan sesama teman atau ada yang menggunakan kartu ini untuk bermain sulap dan ada juga yang menggunakannya untuk meramal. Kartu tertinggi disini adalah KING. Namun apakah kamu mengetahui bahwa King merupakan lambang yang menggambarkan 4 raja hebat yang pernah ada di sejarah?

Kartu remi terdiri dari 4 jenis, sekop (spade), hati (heart), wajik (diamond), dan keriting (club). Setiap jenis dimulai dari angka 1 – 10, lalu Jack, Queen dan King. Semua berjumlah 13. Maka totalnya ada 52 kartu, ditambah Joker menjadi 53 buah.

Permainan kartu diduga kuat berawal dari China. Selama jaman Dinasty Tang (618 – 907 M) permainan ini mulai berkembang. Kemudian saat pemerintahan Dinasty Ming, kartu memiliki gambar figur manusia mulai dipakai. Selain menjadi leluhur kartu remi, juga permainan kartu lainnya semacam domino dan mahjong.

Permainan kartu lalu menyebar ke seluruh Asia, termasuk diadopsi oleh pemerintahan Islam, Mamluk di mesir di abad ke-14. Saat itu Mamluk yang mulai memakai kartu sejumlah 52. 10 kartu diwakili angka 1 – 10, lalu King atau malik, kemudian na’ib malik atau Deputy King, dan thani na’ib (setingkat di bawah Deputy).

Karena kerajaan Islam pernah menaklukan Eropa, maka permainan kartu pun ikut menyebar. Perancis yang mula-mula membagi kartu menjadi sekop (spade), hati (heart), wajik (diamond), dan keriting (club).

Malik, na’ib malik, dan thani na’ib diadaptasi menjadi King, Queen, dan Jack. Maknanya pun ikut berubah sesuai kepercayaan bangsa-bangsa kulit putih.

Sosok di Kartu KING

King sekop (spade) : Raja David (Daud).
King hati : Charlemagne.
King wajik : Julius Caesar
King keriting : Iskandar Agung

Queen sekop : Pallas
Queen hati : Judith
Queen wajik : Rachel
Queen keriting : Argine

Jack sekop : Holger Danske (ksatria Charlemagne)
Jack hati : La Hire (pendukung Joan of Arc)
Jack wajik : Hector
Jack keriting : Lancelot

Siapa saja sih raja-raja yang melambangkan King di kartu remi yang kamu mainkan, mulai dari Spade, Diamond, Hearts dan Club?

1. King of Spade (King Sekop)

King of Spade (King Sekop)
King of Spade (King Sekop)

King of Spade menggambarkan Raja David atau Daud dari Israel. Kartu ini mewakili orang-orang cerdas yang tidak mudah bergaul dengan orang lain. Tokoh dalam alkitab Ibrani yang merupakan raja berhati suci yang memerintah pada tahun 1010 SM sampai 970 SM, lahir di Bethlehem dan meninggal di Yerusalem.

Semenjak masih muda telah menyertai tentera Bani Israil di bawah pimpinan Thalut melawan pasukan yang dipimpin Jalut (Goliath). Daudlah yang berhasil membunuh Jalut, sehingga dipuji sebagai pahlawan perang. Setelah Raja Thalut meninggal, Daud menggantikannya sebagai raja. Allah mengangkat Daud sebagai nabi dan rasul-Nya. Kepadanyalah diturunkan kitab Zabur.

Ia memiliki sejumlah mukjizat, kecerdasan akal, mengerti bahasa burung, dan melembutkan besi hanya dengan menggunakan tangan kosong dan Daud juga memiliki suara yang paling merdu dari semua suara umat manusia, sama seperti Yusuf yang diberikan wajah yang paling tampan. Daud yang mulai pembangunan Bait Suci yaitu Baitul Muqaddis yang telah diselesaikan oleh anaknya Sulaiman, yang kemudian sekarang menjadi tempat Masjid Al-Aqsa. Daud meninggal dalam usia 100 tahun dan dikebumikan di Baitul Muqaddis.

Dalam bidang peramalan, King Sekop disimbolkan sebagai pengacara yang jujur, pemberi hukuman berat yang tidak mudah terpengaruh oleh emosi.

2. King of Diamond (King Wajik)

2. King of Diamond (King Wajik)
King of Diamond (King Wajik)

King of Diamond digambarkan sebagai sosok Julius Caesar, seorang diktator Romawi yang membawa Roma pada masa kejayaan.

Gaius Julius Caesar (Latin: C·IVLIVS·C·F·C·N·CAESAR) (13 Juli 100 SM–15 Maret 44 SM) adalah seorang pemimpin militer dan politikus Romawi yang kekuasaannya terhadap Gallia Comata memperluas dunia Romawi hingga Oceanus Atlanticus, melancarkan serangan Romawi pertama ke Britania, dan memperkenalkan pengaruh Romawi terhadap Gaul (Perancis kini), sebuah pencapaian yang akibat langsungnya masih terlihat hingga kini.

Julius Caesar bertarung dan memenangkan sebuah perang saudara yang menjadikannya penguasa terhebat dunia Romawi, dan memulai reformasi besar-besaran terhadap masyarakat dan pemerintah Romawi. Dia menjadi diktator seumur hidup, dan memusatkan pemerintahan yang makin melemah dalam republik tersebut.

Caesar meninggal dunia pada 15 Maret 44 SM akibat ditusuk hingga mati oleh Marcus Junius Brutus dan beberapa senator Romawi. Aksi pembunuhan terhadapnya pada hari Idi Maret tersebut menjadi pemicu perang saudara kedua yang menjadi akhir Republik Romawi dan awal Kekaisaran Romawi di bawah kekuasaan cucu lelaki dan putra angkatnya, Kaisar Augustus.

Baca Juga :  Parah! Foto Buka-bukan Anak SMU Jaman Sekarang

Kampanye militer Julius Caesar diketahui secara mendetil melalui tulisannya sendiri Kumpulan Komentar (Commentarii), dan banyak dari kisah hidupnya yang direkam sejarawan seperti Gaius Suetonius Tranquillus, Mestrius Plutarch, dan Lucius Cassius Dio.

Berbeda dengan raja lainnya, King of Diamond digambarkan sebagai raja yang hanya bisa melihat sebelah mata, memegang kapak di tangan kiri dan mengangkat tangan kanan yang menggambarkan keberanian tanpa berpikir panjang!

3. King of Hearts (King Hati)

King of Hearts (King Hati)
King of Hearts (King Hati)

Karel yang Agung atau Karel Agung (Perancis: Charlemagne; bahasa Latin: Carolus Magnus atau Karolus Magnus; bahasa Jerman: Karl der Große; bahasa Inggris: Charles the Great, bahasa Italia: Carlo Magno) (742 atau 747 – 28 Januari 814), adalah raja kaum Frank dari 768 sampai 814 dan kaum Lombard dari 774 sampai 814.

Ia dinobatkan sebagai Imperator Augustus di Roma pada hari natal tahun 800 oleh Paus Leo III, dan karenanya dianggap merupakan pendiri Kekaisaran Romawi Suci (dengan gelar Karel I). Melalui penaklukan dan pertahanan, ia mengukuhkan dan mengembangkan kekuasaannya hingga meliputi sebagian besar Eropa Barat. Ia sering dianggap merupakan bapak pendiri Perancis dan Jerman, bahkan kadang sebagai Bapak pendiri Eropa. Ia adalah kaisar pertama di Barat sejak runtuhnya Kekaisaran Romawi.

Saat memulai memerintah pada tahun 768, Karel bertahta bersama dengan adiknya Karloman. Karel mendapatkan wilayah barat dan utara yang berbatasan dengan samudra Atlantik, dan Karloman mendapatkan wilayah timur dan selatan. Akan tetapi mereka tidak akur satu dengan yang lain. Ketegangan mereka membuat kekuatiran akan pecahnya perang di antara mereka, yang hanya berakhir dengan mangkatnya Karloman pada 4 Desember 771.

4. King of Club (King Keriting)

King of Club (King Keriting)
King of Club (King Keriting)

Mengambil Alexander The Great, Raja Macedonia, kerajaan terbesar yang pernah ada di sejarah kuno!

Alexander (yang) Agung, juga dieja: Aleksander (yang) Agung, (bahasa Yunani: ????? ?????????? (“Megas Alexandros”), bahasa Inggris: Alexander the Great) adalah seorang penakluk asal Makedonia. Ia diakui sebagai salah seorang pemimpin militer paling jenius sepanjang zaman.

Ia juga menjadi inspirasi bagi penakluk-penakluk seperti Hannibal, Pompey dan Caesar dari Romawi, dan Napoleon. Dalam masa pemerintahannya yang singkat, Alexander mampu menjadikan Makedonia sebagai salah satu kekaisaran terbesar di dunia.

King of Club menggambarkan sosok hebat yang penuh dengan kesetiaan dan kepeduliaan pada rakyat. Namun, di balik itu semua dia adalah sosok pemurung dan pemalu.

Queen Pada Kartu Remi

Termasuk dalam kartu remi istimewa yang bergambar sosok wajah yang mana mempunyai sosok tokoh asli yang mengambarkan dari kartu remi sosok wajah tersebut. Salah satunya yang akan di bahas adalah pada kartu remi Queen dimana ada kartu Queen club, Queen diamond, Queen heart, dan Queen spades. Tidak banyak yang tahu jika kartu remi pada bagian kartu queen ternyata melambangkan sosok para wanita-wanita yang istimewa di zaman dulunya. Lalu siapa sajakah sebenarnya tokoh wanita tersebut?

1. Queen of Spade Athena

Queen of Spade Athena
Queen of Spade Athena

Kartu queen of spade nyata-nyatanya digambarkan seperti sosok ratu yang bernama Athena atau Pallas Athena. Athena dikenal sebagai dewi kebijaksanaan, dewi perang, dan dewi seni kerajinan tangan dalam kepercayaan Yunani kuno (mitologi Yunani). Athena atau palas Athena sendiri ialah putri dari dewa paling atas Zeus dengan istri pertamanya metis. Sosok Athena senantiasa digambarkan dengan badan perempuan dewasa , ia tidak memiliki kekasih atau pun suami karena itu Athena juga dinamakan sebagai dewi perawan. Athena tidak pernah digambarkan sebagai anak kecil.

2. Queen of Diamond Rachel

Queen of Diamond Rachel
Queen of Diamond Rachel

Kartu queen of diamond nyatanya digambarkan layaknya sosok Rachel, sosok yang dinamakan Rachel diambil dari alkitab Ibrani. Menurut alkitab Ibrani dan perjanjian lama, Rachel yakni seseorang perempuan sekaligus istri ke-2 dari Yakub (Jacob) sosok ibu kandung dari Yusuf dan Benjamin. Saat itu Rachel yakni sepupunya Nabi Yakub yang sangat dia cintai. Buat bisa meminang Rachel, Nabi Yakub pun mengungkapkan keseriusannya itu pada ayah Rachel, Laban, “Aku mau bekerja padamu 7 th lamanya untuk mendapat Rahel, anakmu yang lebih muda itu.” Laban pun menjawab, “Lebih baiklah ia kuberikan kepadamu daripada terhadap orang lain, maka tinggallah padaku.”. Jadi, selama 7 th Nabi Yakub bekerja buat mendapati Rachel.

3. Queen of Heart Judith

Queen of Heart Judith
Queen of Heart Judith

Kartu queen of heart nyatanya digambarkan layaknya sosok perempuan yang bernama Judith , Ratu Di Eropa . Nama Judith sendiri berasal dari bahasa Ibrani adalah bentuk feminin dari kata Yehudit yang berarti perempuan Yudea

4. Queen of Clubs Argine

Queen of Clubs Argine
Queen of Clubs Argine

Kartu queen of clubs nyata-nyatanya digambarkan layaknya sosok ratu yang dikenal sebagai the mother of intuition card. Nama kartu yang diambil dari kata Regina sedangkan dalam bahasa latin diubah jadi Argine yang bermakna Queen atau bisa dinamakan anagram ( permainan acak huruf).

Baca Juga :  12 Mitos dan Fakta Tentang Kondom

Nah inilah ke empat sosok asli wanita-wanita yang di ambil di balik kartu remi Queen yang tercipta tersebut.

Sejarah Kartu Remi

Salah satu alat hiburan permainan pada zamannya kerajaan dahulu adalah sebuah set kartu remi. Kartu yang sudah dikenal dan dimainkan sejak zaman dahulu ini pun masih saja tetap terkenal hingga sekarang. Banyak orang memainkan kartu remi dalam sajian permainan seperi poker, bridge, blackjack dan lainnya sebagai hiburan, menghilangkan stress maupun menghasilkan keuntungan dengan taruhan uang asli. Meski sering dimainkan, namun ternyata belum banyak yang tahu sejarah asal muasalnya. Dalam pembahasan kali ini pun admin akan menjelaskan sekilas mengenai asal dari kartu remi ini.

Fakta Jumlah Kartu Remi

Sebenarnya, kartu yang kita pakai sekarang ini yaitu kartu remi INGGRIS. Karena itu, kita menyebutkan nama-nama dalam kartu kita seperi JACK (J), QUEEN (Q), KING (K), dan ACE (A). Di tiap satu set kartu remi, ada sekitar 52 kartu yang terdiri dari 13 kartu waru (Spades), 13 kartu keriting (Clubs), 13 kartu hati (Hearts), dan 13 kartu wajik (Diamond), itu belum ditambah beberapa kartu joker di dalamnya.

Selain jenis kartu INGGRIS, masih ada lagi jenis-jenis kartu remi yang lain dari negara lain, seperti PERSIA, EROPA, CINA, MESIR, dll. Perbedaan kartu-kartu tersebut ada banyak, mulai dari jumlah kartu tiap set-nya, Wujudnya, siimbolnya, gambar-gambarnya, dll.

Di bawah ini ada beberapa fakta seputar jumlahnya kartu remi :
1. Dalam satu set kartu remi INGGRIS, terdapat 52 kartu yang melambangkan jumlah sebanyak pekan dalam satu tahun.
2. Rumus 5 + 2 = 7,7 yang diartikan sebagai jumlah hari dalam satu minggu.
3. Satu th di benua Eropa memiliki 4 Masa, dalam kartu remi dilambangkan dalam :

WARU (SPADES) = PERIODE MASA DINGIN

HATI (HEARTS) = MASA GUGUR

WAJIK (DIAMONDS) = MASA SEMI

KERITING (CLUBS) = MASA PANAS

4. Dalam satu lambang, terdapat 13 kartu remi,yang dilambangkan sebagai jumlah pekan dalam satu masa di benua Eropa.
5. Warna merah : Siang dan Warna hitam : Malam
6. Angka-angka tiap kartu remi,bila dijumlahkan seluruhnya membuahkan angka 364, yang diartikan sebagai jumlah hari dalam satu tahun.

As (1) + 2 + 3 + 4 + 5 + 6 + 7 + 8 + 9 + 10 + J (11) + Q (12) + K (13) = 91
91 x 4 (suit) = 364 jumlah hari dalam setahun.

Asal Mula Kartu Remi Muncul

Kartu remi, atau dalam bahasa Inggris dinamakan playing cards, bisa dilacak sejarahnya sampai ke Cina abad ketujuh dan bisa dijamin bahwa kartu permainan ini dikenal luas di Cina pada abad kesebelas. Peristiwa kartu ini sedemikian kompleks dan saat ini sudah sulit buat diverifikasi gara-gara sempat ada musim waktu yang singkat di mana kartu ini menghilang dari dunia yang akibatnya sulit melacak contoh historisnya. Kartu remi juga sangat Berbagai, sebab tiap-tiap negara memiliki suit atau jenis kartu dan jumlah yang Berlainan. Hal yang kadang membuat frustrasi para pengelana.

Asal mula kartu remi diyakini dari Cina dan selanjutnya tersebar ke luar negara itu, pertama-tama ke India lantas ke Timur Tengah. Pada saat kartu remi tersebar ke seantero Asia, suit dan jumlah kartunya bermutasi, dengan jumlah kartu berkisar dari 36 hingga 72 lembar, dan terdiri dari tiga, empat, lima suit, bahkan lebih. Pada akhir abad ke-14, kartu remi telah masuk ke Eropa, dan jadi sangat terkenal di benua tersebut.

Kartu-kartu remi pada awalnya dibuat dengan tangan yang akibatnya harganya benar benar mahal serta ukurannya pun lebih besar di bandingkan ukuran kartu yang ada saat ini. Hanya kaum elit yang bisa memainkannya maka beberapa warga mengaitkan kartu remi dengan kaum kelas atas. Terkecuali dipakai untuk permainan, ada histori di mana kartu-kartu ini juga dimanfaatkan buat cartomancy merupakan sejenis ramalan yang memanfaatkan kartu. Kartu Tarot yang populer digunakan dalam cartomancy sebenarnya juga dimanfaatkan sebagai kartu permainan di banyak tempat di Eropa.

Aturan yang umum Digunakan, kartu remi bisa dibagi jadi kartu-kartu biji (pip) dan kartu raja (court) pada saat kartu ini masuk ke benua Eropa, di mana kartu raja menggambarkan kaum bangsawan dan kartu biji ditandai oleh bermacam jumlah obyek yang mewakili suit-nya.

Seiring perkembangan teknologi cetak kayu dan selanjutnya cetak logam, kartu remi jadi terjangkau bagi warga umum dan jumlahnya variasi rancangan kartu permainan ini pun muncul. Sebahagian besar penutur bahasa Inggris familiar dengan system yang dinamakan system “Prancis” yang berisikan 52 kartu yang dibagi jadi hearts, diamonds, clubs, dan spades, yang terdiri dari 10 kartu biji dan tiga kartu raja di tiap-tiap suit-nya. Pada th 1800-an, Beberapa orang Amerika menyambung joker, sementara itu gagasan “kartu as tinggi” muncul di masa revolusi Perancis.

Kita juga bisa menemukan kartu remi yang disusun jadi suit Latin: chalices, swords, money, dan baton digunakan untuk menggambarkan empat suit-nya di wilayah-wilayah seperti Spanyol dan Italia. Sementara itu Jerman dan beberapa bagian Eropa Timur tampaknya lebih pilih suit ala Jerman yaitu hearts, acorns, bells, dan leaves. Kartu permainan di Asia malah lebih kompleks, contohnya hanafuda Jepang atau ‘kartu bunga” dan di India yang suit-nya menggambarkan elemen-elemen yang beasosiasi dengan beragam dewa.

Update April 2020 Judul Asli Inilah Misteri KING di Kartu Remi, Sumber: keren.web.id – Jalantikus.com

Recommended For You

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *