Resep Membuat Manisan Agar-agar Kering Warna Warni

Bunda pasti suka kalau lebaran isi toplesnya berwarna warni, sekarang untuk membeli isi toples rada-rada takut karena banyak bahan-bahan pengawet yang sering digunakan untuk membuat berbagai macam makanan olahan, jika bunda ragu lebih baik membuat sendiri manisan agar-agar kering warna warni.

Membuatnya enggak susah-susah banget kok, hanya saja dibutuhkan kesabaran saat finishing yaitu proses penjemuran dibawah matahari, selain sabar harus rajin membolak balik potongan agar-agarnya supaya tampil cantik dan keringnya merata.

Bahan-bahan

  • 4 Bungkus Agar-agar
  • 800 Gram Gula Pasir
  • 500 CC Air

Pewarna Makanan (khusus makanan) untuk warna kuning dengan perisa jeruk, untuk merah perisa strawberry, warna unggu untuk perisa anggur dan lain sebagainya sesuai selera.

Membuat Manisan Agar-agar Kering Warna Warni

  1. Rebus semua bahan sampai mendidih (seperti membuat agar-agar biasa), lalu kemudian tuang ke loyang kotak/persegi.
  2. Setelah dingin dan keras, potong-potong memakai pisau bergerigi agar potongan terlihat cantik.
  3. Susun di loyang datar, beri jarak sedikit di antara permen, lalu jemur sambil sesekali dibolak-balik agar rata keringnya.
  4. Penjemuran kadang memerlukan waktu lebih dari 2 hari saat cuaca cerah. Kalau mendung/berawan, maka kristal gulanya susah keluar.
  5. Kalau sudah keluar kristal gulanya dan saat dipegang sudah keras berarti agar-agar kering sudah jadi. Simpan dalam toples.
author
Bangfad - Penulis sekaligus pengelola website menyediakan Jasa Review Produk Lokal maupun produk luar dengan harga yang sangat terjangkau, kami juga menyediakan jasa pembuatan website berbasis opensource yang tentunya lebih ekonomis namun dengan performa profesional dengan harga mulai dari Rp.300.000,-
No Response

Leave a reply "Resep Membuat Manisan Agar-agar Kering Warna Warni"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.