Teori dan Sejarah Digital serta Pengertian Aarsip Digital

digital-map-full
Sejarah, Teori dan Transformasi Digital

Sebelum kita mengetahui apa itu teori digital, alangkah baiknya kita mengetahui apa itu digital. Digital adalah berputus-putus atau terbagi-bagi (diskret) dalam menyatakan suatu informasi. Berputus-putus atau terbagi-bagi disini banyak diartikan orang sebagai binary dalam komputer yaitu tidak seperti analog yang menggunakan nilai yang kontinu dalam menyampaikan informasi.

Sejarah Digital Dunia

Digital berasal dari kata Digitus, dalam bahasa Yunani berarti jari jemari. Apabila kita hitung jari jemari orang dewasa, maka berjumlah sepuluh (10). Nilai sepuluh tersebut terdiri dari 2 susunan angka, yaitu 1 dan 0, oleh karena itu Digital merupakan penggambaran dari suatu keadaan bilangan yang terdiri dari angka 0 dan 1 atau off dan on (bilangan biner). Semua sistem komputer menggunakan sistem digital sebagai basis datanya. Dapat disebut juga dengan istilah Bit (Binary Digit).

Peralatan canggih, seperti komputer, pada prosesornya memiliki serangkaian perhitungan biner yang rumit. Dalam gambaran yang mudah-mudah saja, proses biner seperti saklar lampu, yang memiliki 2 keadaan, yaitu Off (0) dan On (1). Misalnya ada 20 lampu dan saklar, jika saklar itu dinyalakan dalam posisi A, misalnya, maka ia akan membentuk gambar bunga, dan jika dinyalakan dalam posisi B, ia akan membentuk gambar hati. Begitulah kira-kira biner digital tersebut.

Apa Itu Teori Digital?

Teori Digital adalah sebuah konsep pemahaman dari perkembangan Zaman mengenai Teknologi dan Sains, dari semua yang bersifat manual menjadi otomatis ,dan dari semua yang bersifat rumit menjadi ringkas . Digital adalah sebuah metode yang Complex, dan fleksibel yang membuatnya menjadi sesuatu yang pokok dalam kehidupan manusia.Teori Digital selalu berhubungan dengan media , mengapa ? Hal itu karena media adalah sesuatu yang terus berkembang.

Baca Juga :  10 Produk yang Mengangkat Karir Steve Jobs

Perkembangan Digital

Pada perkembanganya digital telah digunakan pada berbagai alat penunjang kehidupan manusia supaya kehidupan manusia menjadi lebih baik dan nyaman seperti komputer atau alat kebutuhan yang lain dan bahkan penggambaran digital tersebut ternyata juga menjadi gambaran pemahaman suatu keadaan yang saling berlawanan. Pada gambaran saklar lampu yang ditekan pada tombol on, maka ruangan akan tampak terang. Namun apabila saklar lampu yang ditekan pada tombol off, maka ruangan menjadi gelap. Kondisi alam semesta secara keseluruhan menganut sistem digital ini. Pada belahan bumi katulistiwa, munculnya siang dan malam adalah suatu fenomena yang tidak terbantahkan. Secara psikologis, manusia terbentuk dengan dua sifatnya, yaitu baik dan buruk. Konsep Yin dan Yang ternyata juga bersentuhan dengan konsep digital ini.

Kemampuan manusia untuk mengembangkan berbagai teknologi seakan tak memiliki titik ujung. Berkat para ahli dan kreator, beragam teknologi tak hentinya memanjakan dan membuat kehidupan manusia menjadi begitu mudah.

Teknologi semakin marak di era digital seperti saat ini. Bermacam-macam produk teknologi yang sebelumnya tak pernah terpikirkan, kini bahkan muncul dan banyak digandrungi manusia. Tak hanya cara berkomunikasi, berbagai cara hidup manusia juga semakin mudah berkat transformasi digital.

Transformasi Digital Meliputi

Komunikasi

Cara manusia berkomunikasi akan sangat terasa perbedaannya di era digital seperti saat ini. Hadirnya smartphone dan dukungan jaringan internet membantu manusia dengan mudah berkomunikasi dengan orang lain.

Kini, jarak pun sudah bukan menjadi kendala untuk berbincang dengan orang lain. Bahkan, di era digital, layanan streaming dan panggilan video pun sangat mungkin kita lakukan.

Bisnis Berbasis Aplikasi

Untuk membangun sebuah perusahaan, butuh modal yang sangat banyak. Di era digital, muncul perusahaan berbasis aplikasi dengan menghadirkan berbagai layanan. Transformasi digital ini, tentunya membuat kinerja perusahaan lebih efisien tanpa membutuhkan lahan dan kantor yang banyak.

Baca Juga :  Android KitKat 4.4 akhirnya resmi diumumkan

Bisnis yang berbasis aplikasi ini juga mulai menjamur dengan berbagai layanan yang disuguhkan. Meskipun menyaingi bisnis tradisional, transformasi digital dalam sektor bisnis ini juga turut membuka banyak peluang orang lain untuk turut menikmati keuntungan transformasi digital.

Finansial Teknologi (Fintech)

Era digital tak hanya digandrungi oleh perusahaan berbasis teknologi. Kini, berbagai perusahaan selain teknologi pun bertransformasi digital untuk mengikuti perkembangan teknologi.

Bahkan sektor keuangan juga turut bertransformasi digital. Kini, Anda tak perlu lagi melakukan transaksi secara manual atau berkunjung secara langsung ke bank. Transaksi dapat Anda lakukan dengan mudah melalui smartphone atau beragam layanan yang menyediakan penyimpanan uang digital.

E-Commerce

Layanan satu ini kini semakin menjamur di berbagai negara. E-commerce menyediakan berbagai barang atau produk yang Anda butuhkan secara online.

Berbagai toko yang bertransformasi digital ini, tak hanya berkumpul dalam satu e-commerce. Mereka juga menggunakan berbagai jejaring sosial untuk menjajakan produknya secara online.

Platform belanja online juga turut membuat orang bertransformasi digital. Kini, cara orang untuk belanja tak harus berkunjung secara langsung ke toko fisik. Mereka bisa berkunjung pada toko online dan melakukan transaksi secara digital.

 

Recommended For You

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *