Cara Mengatasi Kapalan Kaki dan Tangan

Cara Mengatasi Kapalan Kaki dan Tangan
Cara Mengatasi Kapalan Kaki dan Tangan (img:blibli.com)

Sepasang kaki indah terkadang jadi salah satu keunggulan fisik wanita. Meski tak semua wanita terlahir dengan kaki langsing dan jenjang, bukan berarti Anda tak bisa mengupayakan bentuk kaki jadi lebih indah. Namun untuk wanita tidak saja memerlukan kaki yang langsing dan jenjang, mereka membutuhkan kulit kaki yang halus dan lembut serta putih berkilau, namun bagai mana untuk menjaga agar kaki tetap bersih dan mulus serta terhindar dari kapalan?

Perawatan Kaki untuk Wanita

Sebenarnya, gangguan kulit ini bisa dicegah dengan cara yang relatif mudah. Melindungi telapak tangan dan telapak kaki adalah cara termudah untuk menghindari kapalan. Sebagaimana kita ketahui, keduanya adalah bagian tubuh yang paling sering mengalami gangguan tersebut, disimak dari website alodokter ada beberapa cara untuk merawat dan menjaga kaki agar selalu indah.

Gunakan Pelindung Kaki

Selalu gunakan pelindung kaki yang sesuai baik itu ukuran dan jenis bahan yang digunakan, hindari menggunakan ukuran yang lebih kecil karena akan menimbulkan gesekan yang nantinya menyebabkan tumbuhnya kapalan atau kulit mati.

Hindari Memakai Hak Tinggi

Untuk cewek yang mempunyai kaki indah maka sepatu hak tinggi atau high heels menjadi primadona, namun meski terlihat elegan sepatu jenis ini akan memfokuskan beban pada kaki bagian depan. Makin tinggi beban yang diterima, makin besar kemungkinan telapak kaki kapalan. Pilih sepatu yang nyaman dengan ukuran yang pas sesuai kebutuhan Anda.

Jangan memakai kaos kaki lembab

Selain sepatu yang nyaman, hindari memakai kaos kaki yang lembap karena bisa menjadi sarang bakteri. Demikian juga dengan sarung tangan yang digunakan, usahakan selalu higienis sehingga memperkecil peluang menjadi sarang kuman.

Apa itu Kapalan atau Callus?

Kapalan atau callus adalah penebalan dan pengerasan kulit akibat tekanan dan gesekan yan berlebih. Kapalan muncul sebagai bentuk reaksi tubuh untuk melindungi bagian kulit yang sensitif. Kapalan seringkali muncul pada kaki dan tangan, yang bisa menyebabkan rasa tidak nyaman. Berikut kami bagikan cara menghilangkan kapalan dengan cepat secara alami.

Kulit yang menebal di daerah kaki, atau biasa disebut kapalan memang bukan masalah kesehatan yang serius. Tapi kapalan membuat penampilan kurang sedap dipandang.

Penyebab Kapalan atau Callus

Kapalan adalah kulit yang menebal dan mengeras karena mengalami gesekan yang berlebihan. Meskipun tidak berbahaya, jika sudah cukup parah kapalan bisa menimbulkan rasa sakit dan infeksi.

Penyebab kapalan yang paling umum adalah karena memakai high heels terlalu sering, memakai sepatu yang kesempitan atau melakukan aktivitas yang memberi tekanan berlebih pada kaki.

Baca Juga :  Kronologi Tabrakan yang menyebabkan meninggalnya UJ (Ustad Jeffri)

Memilih sepatu yang nyaman dan mengenakan kaos kaki berbahan lembut bisa jadi cara termudah untuk mencegah kapalan. Bantalan sepatu juga bisa jadi solusi untuk menghindari kapalan.

Cara Mengobati dan Mencegah Kapalan di Kaki

Kapalan tidak hanya terjadi pada kaki, namun kapalan juga terjadi pada tangan, kapalan yang terjadi pada tangan biasanya disebabkan oleh berkendara entah itu menggunakan sepeda motor ataupun menggunakan mobil, memegang setir dengan erat dan dalam waktu lama serta diulang-ulang dapat menyebabkan kapalan pada tangan, namun dari beberapa artikel yang kami baca di Internet, Kapalan tangan dapat diobati dengan mudah namun butuh kesabaran seperti halnya yang kami kutip dari website kecantikan fimela dan Become Gorgeous.

Cara Menghilangkan Kapalan pada Kaki

Selain bisa dicegah, kapalan juga bisa diobati, meskipun tidak bisa dihilangkan seratus persen. Berikut ini beberapa tips untuk mengurangi kapalan, seperti dikutip dari Become Gorgeous.

  1. Rendam kaki Anda dalam air hangat selama lebih kurang 20 menit. Anda bisa menambahkan garam laut, baking soda, teh chamomile atau cuka apel untuk mengurangi bengkak dan agar bisa lebih mudah menghilangkan kapalan.
  2. Gosokkan batu apung pada area kaki yang bermasalah, untuk menghilangkan kulit yang mengeras atau bisa gunakan scrub halus.
  3. Oleskan krim pelembap setiap hari, khususnya setiap malam sebelum tidur untuk menghaluskan kaki. Pilih krim yang mengandung salicylic acid yang membantu proses penyembuhan lebih cepat.
  4. Banyak orang yang mencoba menghilangkan kapalan menggunakan benda tajam, tapi cara tersebut tidak dianjurkan karena bisa menyebabkan luka dan infeksi. Bahkan risikonya bisa lebih tinggi bagi mereka yang menderita diabetes atau masalah pada pembuluh darah. Jika kapalan mulai terasa sakit dan memerah, bahkan berdarah, segera pergi ke dokter kulit untuk mengatasinya.

Cara Alami Mengobati Kapalan pada Kaki

  1. Rendam dengan minyak jarak: Minyak jarak bisa digunakan menjadi cara menghilangkan kapalan secara alami. Cukup dengan merendam kulit yang kapalan pada minyak jarak beberapa menit setiap hari maka kulit yang mengeras akan segera melunak.
  2. Olesi ramuan bawang putih dan cuka: Cara menghilangkan kapalan secara alami yakni dengan mencampurkan bawang putih dan cuka dalam sebuah mangkuk, lalu oleskan pada kulit kapalan sebelum tidur.
  3. Olesi minyak vitamin A atau vitamin E: Salah satu cara menghilangkan kapalan secara alami yakni dengan mengoleskan minyak vitamin A atau E. Setelah diolesi, bungkus kaki dengan kaus kaki. Biarkan minyak terserap dan membuat kulit kapalan melunak dan menghilang.
  4. Tempeli kulit lemon: Kulit lemon bisa kamu gunakan sebagai cara menghilangkan kapalan secara alami. Tempelkan kulit lemon pada kulit yang kapalan, kamu bisa mengunakan plester agar kulit lemon tidak jatuh.

Cara Alternatif Mengatasi Kapalan pada Kaki

  1. Teh chamomile : Salah satu cara menghilangkan kapalan dengan cepat yakni menggunakan teh chamomile. Gunakan teh chamomile untuk merendam bagian kulit yang kapalan kira-kira 15-25 menit. Selama proses perendaman, noda membandel akan keluar, selanjutnya cuci dengan air bersih.
  2. Kopi dan minyak zaitun: Cara menghilangkan kapalan dengan cepat yakni menggunakan kopi dan minyak zaitun. Campurkan kedua bahan tersebut dan buatlah menjadi lulur scrub, tanpa menambahkan air. Simpanlah dalam wadah dan gunakan kapan saja.
  3. Air lemon dan cengkeh: Perpaduan air lemon dan cengkeh bisa kamu gunakan sebagai cara menghilangkan kapalan dengan cepat. Siapkan air lemon, lalu rendam cengkeh di dalamnya kira-kira 15-20 menit. Keluarkan cengkeh, lalu oleskan ramuan tersebut pada kulit yang kapalan. Lakukan perlahan dan secara rutin.
  4. Baking soda: Baking soda yang dicampurkan dengan air hangat bisa menjadi alternatif cara menghilangkan kapalan dengan cepat. Gunakan campuran baking soda dan air hangat untuk merendam bagian tubuh yang kapalan selama 15 menit. Gosok lembut dengan batu apung untuk mengikis kulit yang kapalan.
  5. Kulit nanas: Kulit nanas bisa kamu jadikan sebagai cara menghilangkan kapalan dengan cepat. Rendam kulit nanas menggunakan air hangat selama 15 menit. Kemudian, ambil kulit nanas yang sudah lunak, tempelkan pada kulit yang kapalan. Diamkan semalaman dan lepaskan keesokan harinya. Lakukan secara rutin agar kapalan segera menghilang.
Baca Juga :  Tanda-tanda tubuh sedang stress

Cara Mengatasi Kapalan pada Tangan

Gesekan yang terjadi pada kulit tangan secara terus menerus kelamaan akan mengalami iritasi bahkan akan memicu pembentukan kapalan. Meskipun tidak menyakitkan, namun bisa menimbulkan rasa tidak nyaman. Berikut tips menghilangkan kapalan pada tangan.

  1. Rendam tangan dengan larutan garam epsom: Garam epsom adalah eksfoliator alami yang berguna membuang sel-sel kulit mati, sehingga bisa menjadi alternatif cara menghilangkan kapalan di tangan. Campurkan 2-3 sendok makan garam epsom dalam satu baskom air hangat, lalu rendamlah tangan didalamnya.
  2. Merendam tangan dengan air hangat: Cara menghilangkan kapalan di tangan yakni dengan merendam tangan menggunakan air hangat. Siapkan air hangat dalam baskom dan rendam tangan selama 10 menit. Lalu keringkan tangan dengan handuk, dan gosoklah kulit yang menebal secara perlahan. Ulangi sampai kapalan menghilang seluruhnya.
  3. Menggunakan tea tree oil:  Tea tree oil bisa menjadi bahan yang dicampurkan dalam rendaman air hangat sebagai cara menghilangkan kapalan di tangan. Campurkan beberapa tetes tea tree oil dalam air hangat, dan rendam tangan beberapa menit.

Kesimpulan

Kapalan atau callus bukan lah suatu penyakit yang membahayakan, akan tetapi untuk menambah dan mempertahankan kuliat agar tetap indah dan halus itu penting,

Umumnya kapalan bisa hilang dengan sendirinya seiring dengan makin berkurangnya aktivitas dan gesekan pada area yang terserang. Gangguan ini sendiri tidak perlu dihiraukan kecuali makin parah atau tetap ada meskipun Anda telah melakukan berbagai usaha perawatan dan pencegahan.

Meski pada sebagian besar orang kapalan bisa hilang tanpa bantuan dokter, tidak demikian pada penderita diabetes. Membiarkan kapalan bisa mengakibatkan luka terbuka dan terinfeksi, yang bisa berujung menjadi gangren. Inilah alasan kapalan sebaiknya tidak dianggap remeh.

Untuk menghilangkan kapalan, sangat penting menghindari faktor penyebabnya. Tanpa menghilangkan penyebabnya, gangguan kulit ini mustahil bisa diatasi. Bahkan dokter tidak bisa berbuat banyak jika Anda tetap saja melakukan apa yang menjadi penyebab terbentuknya kapalan.

Sumber: alodokter.com, fimela.com dan sumber lainnya (update 11 April 2020)

Recommended For You

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *