SEO paling KEREN

Mengungkap Fakta Terpendam

Manfaat, Kandungan dan Khasiat Bawang Merah

Jangan bilang anda orang Indonesia jika anda tidak mengenal Allium cepa L yang dikenal dengan Bawang Merah, Tentu sebagai Orang Asia Tenggara Anda sudah mengenal baik dengan salah satu bumbu penyedap masakan ini. Bawang merah dengan nama latin (Allium cepa L) merupakan salah satu bumbu penyedap yang biasa digunakan oleh banyak orang di daerah asia tenggara. Bawang merah ini biasanya dimanfaatkan sebagai rempah pada masakan yaitu bagian umbinya dijadikan sebagai bawang goreang atau juga daunnya dalam penyedap masakan. Orang jawa biasanya menyebut bawang merah ini dengan nama brambang. Memiliki aroma yang tajam namun memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Kandungan Bawang Merah

Kandungan nutrisi yang ada didalam bawang merah mampu mencegah dan menyembuhkan beberapa penyakit dan masalah kesehatan lainnya. Didalam bawang merah terdapat beberapa kandungan nutrisi diantaranya bawang merah ini memiliki Andti-oksidan, mineral dan juga vitamin. Disamping itu bawang merah memiliki sifat anti-virus, anti-bakteri dan juga anti-jamur. Kandungan kalori yang terdapat dalam bawang merah juga rendah. Sehingga dengan banyaknya kandungan nutrisi pada bawang merah, salahsatu jenis umbi lapis ini baik untuk dikonsumsi.

Manfaat dan Khasiat Bawang Merah untuk Kesehatan

Anda dapat membaca dan mengetahui lebih lengkap uraian dibawah ini akan menjelaskan manfaat bawang merah tersebut :

Menurunkan Gula Darah

Ada beberapa nutrisi yang terkadnung dalam bawang merah, seperti antivirus, anti-bakteri dan anti jamur. Selain itu bawang merah juga memiliki kandungan anti-oksidan, beberapa mineral dan juga vitamin. Khasiat bawang merah juga salahsatunya adalah dapat menrunkan kadar gula darah yang ada pada tubuh penderita diabetes

Mengurangi Kolesterol

Didalam bawang merah juga terkandung Allicin yang memiliki manfaat sebagai penurun Kolesterol yang ada didalam tubuh. Tekanan darah tinggi dapat dibantu diturunkan dengan menggunakan bawang merah ini, selain itu mungkin bagi Anda yang sedang melakukan diat bisa mengkonsumsi tambahan menu bawang merah ini karena bawang merah hanya mengandung sedikit kalori.

Menymbuhkan Sembelit

Didalam pencernaan mungkin saja ada racun atau makanan dengan partikel keras yang terjebak didalamnya, bawang merah bisa mengatasi hal seperti ini. Anda bisa mengkonsumsi bawang merah, jika Anda merasakan sakit sembelit

Melindungi Jantung

Selain manfaat bawang merah yang dapat mengontrol kolesterol tubuh, dengan mengkonsumsi bawang merah Anda bisa melindungi jantung Anda dari resiko Penyakit Jantung. Disamping iut juga dapat membuka arteri yang tersumbat dalam tubuh.

Mencegah Kanker

Bawang merah juga mengandung vitamin salahsatunya vitamin A, yang memiliki manfaat sebagai pencegahan perkembangan kanker ronggam mulut. Selain itu bawang merah juga dapat mencegah terjadinya kanker hati dan menghancurkan sel-sel kanker yang ada. Disamping itu bawang merah juga dapat membantu dalam mengatasi kemungkinan terjadinya kanker perut.

Mengatasi Sengatan Serangga

Sengatan Serangga biasanya menyebabkan rasa sakit atau gatal, ternyata bawang merah juga bisa mengatasi hal-hal tersebut seperti bekas gigitan nyamuk, sengatan tawon, lebah dan serangga lainnya selain itu dapat meredakan rasa sakit yang ditimbulkan dari sengatan tersebut

Menjaga Kekebalan Tubuh

Dengan menggunakan madu dengan jus dari bawang merah sekitar satu sendok teh kemudian dikonsumsi dengan teratur, bisa mengatasi berbagau penyakit pilek, sakitpada tenggorokan, influenza, pilek bahkan bronkhitis. Selain itu bisa juga mencairkan dahak pada tenggorokan Anda.

Kesehatan Rambut

Selain untuk tubuh, bawang merah juga bisa bermanfaat untuk kesehatan rambut dan mengatasi masalah pada kepala Anda seperi ketombe. Caranya bisa menggunakan jsu bawang merah yang digunakan setiap hari secara teratur dalam waktu tertentu sehingga rambut Anda dapat tumbuh dengan sehat dan juga dapat mengatasi ketombe pada kepada Anda.

Memperlambat Pikun

Khasiat Bawang Merah lainnya didapatkan dari bawang merah yaitu dapat membantu dalam mengefktifkan kinerja otak dan bermanfaat bagi pencerita alzheimer, selain itu jika persentasi resiko osteoporosis pada seseorang dapat dikurangi sekitar 20% dengan menggunakan bawang merah, selain itu dapat membuat kulit Anda lebih cantik.

Mengobati Jerawat

Beberapa sifat yang dimiliki oleh bawang merah adalah anti-inflamasi dan juga anti-bakteri yang berkhasiat dalam mengatasi jerawat Anda. Dengan menggunakan bawang merah Anda bisa menghentikan timbulnya peradangan pada bagian jerawat Anda, selain itu dapat membunuh bakteri yang menjadi penyebab timbulnya jerawat dan dapat menyembuhkan bekas jerawat pada kulit Anda.

Tags: , , , ,

One Response

  1. juragan resep03-05-2016 at 09:22Reply

    banyak juga ya manfaatnya, kalau dulu setahu saya hanya untuk anak demam 🙂 walaupun sekarang sudah jarang yang mempraktekkan.. dikit2 sudah pakai obat

Leave a Reply