SEO paling KEREN

Mengungkap Fakta Terpendam

Apa itu illuminati dan bagaimana Sejarah Illuminati?

Apa itu illuminati dan bagaimana Sejarah Illuminati?
Illuminati sendiri berasal dari bahasa Latin, asalnya dari kata “illuminatus” yang memiliki arti“tercerahkan”. Sedangkan kata illuminati sendiri merupakan bentuk jamak dari kata illuminatus. Berdasarkan sejarah illuminati itu sendiri, illuminati mengacu pada sekelompok orang, dalam hal ini adalah sebuah kelompok yang bernama “Bavarian Illuminati”.

Simbol Ordo Illuminati

Simbol Ordo Illuminati

Sejarah Illuminati dan Kelompok Rahasia Bavarian Illuminati
Bavarian Illuminati disebut-sebut sebagai sebuah kelompok rahasia yang berasal dari masa “Era Pencerahan, dan didirikan tepatnya pada tanggal 1 Mei 1776. Kelompok Bavarian Illuminati ini berdiri dengan tujuan utama adalah untuk menentang takhayul, prasangka buruk, pengaruh agama terhadap kehidupan publik, penyalahgunaan kekuasaan negara, dan untuk mendukung pendidikan dan kesetaraan gender perempuan.

Kelompok illuminati dari Bavaria ini kemudian dilarang keberadaannya, dan akhirnya pada tahun 1785 secara permanen dibubarkan oleh pemerintah Bavaria seiring dengan adanya dorongan dari Gereja Katolik Roma.
Sejarah Illuminati dan Kelompok Ordo Illuminati

Sejarah illuminati berawal dari dibentuknya gerakan atau kelompok Ordo Illuminati pada tanggal 1 Mei 1776 di Ingolstadt, Bavaria. Ordi ini didirikan oleh Adam Weishaupt seorang Yesuit yang juga merupakan seorang Profesor Hukum Kanonik pertama di Universitas Ingolstadt, Bavaria.
Pada mulanya Weishaupt bermaksud untuk memberi nama kelompoknya ini dengan sebutan “Perfectibilists”. Kelompok ini pada akhirnya disebut sebagai “Illuminati Bavaria”, sedangkan ideologinya kemudian disebut dengan “Illuminisme”.

Pada awalnya gerakan ini memiliki anggota pertama sebanyak 5 orang anggota yang semuanya merupakan para pemikir bebas sebagai perwujudan dari “Pencerahan”. Secara umum kelompok illuminati membagi dirinya menjadi 3 kelompok tingkatan yang berbeda, dan masing-masing tingkatan memiliki tingkatan yang tidak sama.
Kelompok ini diduga memiliki kemiripan dengan kaum“Freemason”. Selain itu juga beberapa cabang kelompok illuminati ini diyakini mengumpulkan para anggotanya dari kelompok-kelompok Masonik yang telah ada sebelumnya.

Tujuan Utama Illuminati didirikan dalam Sejarah Illuminati
Sejak sejarah illuminati pertama kali dibentuk, kelompok ini memiliki tujuan utama untuk memerangi segala takhayul, prasangka buruk, dan dominasi Gereja Katolik Roma di dalam pemerintahan, di dalam ilmu filsafat, dan ilmu pengetahuan. Serta tujuan lainnya adalah juga untuk mengurangi penindasan terhadap masyarakat akibat penyalahgunaan kekuasaan pemerintah, dan juga mencoba untuk mendukung pendidikan, dan perlakuan yang setara terhadap perempuan sebagai intelektual.

Sejarah Illuminati – Perkembangan Pesat Kelompok Illuminati
Sejak didirikannya kelompok illuminati ini pada tahun 1776, sejarah illuminati mengalami perkembangan yang cukup pesat. Tercatat sejak masa itu kemudian beberapa orang yang memiliki pengaruh dalam negara turut serta menjadi anggotanya, terutama adalah kaum intelektual dan para politisi. Bahkan berdasarkan catatan disebutkan dalam kurun waktu 10 tahun sejak berdirinya, kelompok ini telah memiliki 2.000 anggota yang berasal dari berbagai kalangan termasuk didalamnya para pejabat dan pemimpin dalam pemerintahan.

Sejarah Runtuhnya Kelompok Illuminati
Setelah melalui masa keemasan dalam sejarah illuminati, kelompok ini sampai juga pada masa kelamnya. Bermula pada saat Karl Theodor menjabat sebagai pemimpin di Bavaria, tepatnya pada tahun 1777. Karl Theodor adalah seorang pemimpin tegas yang juga adalah pendukung “Enlightened Despotism” atau bisa dikatakan sebagai pencerahan kelaliman. Dimana bersama dengan dukungan dari Gereja Katolik, pemerintahannya mulai melarang semua organisasi rahasi yang ada, termasuk di dalamnya adalah kelompok illuminati.

Dan akhirnya pada tanggal 2 Maret 1785 pemerintah mengeluarkan sebuah dekrit yang dianggap telah menjadi pukulan maut bagi Illuminati Bavaria. Dan didukung pula dengan adanya perpecahan dalam tubuh illuminati sendiri, dan akhirnya membuat illuminati bubar. Sang pemimpin illuminati Adam Weishaupt kemudian melarikan semua dokumen penting illuminati. Namun akhirnya berhasil disita kembali oleh pemerintah pada tahun 1786 dan 1787. Dan akhirnya dokumen-dokumen tersebut dipublikasikan oleh pemerintah pada tahun 1787.

Sejarah Illuminati pasca dibubarkannya Illuminati?
Sejak dibubarkannya kelompok illuminati, segala teori dan ajarannya diyakini masih tetap hidup. Dan diyakini pula bahwa kelompok ini berhasil bangkit lagi, bahkan menjadi motor di belakang beberapa pergerakan internasional, termasuk menjadi penggerak utama terjadinya revolusi Perancis.

Sejarah Illuminati – Illuminati Masa Sekarang
Walaupun pada beberapa masa sempat diyakini bahwa kelompok Illuminati Bavaria kembali bangkit, namun keberadaannya sudah tidak lagi menjadi perhatian publik. Dan seiring waktu kelompok ini akhirnya hilang sama sekali.

Namun sekarang ini ada beberapa kemunculan kelompok-kelompok baru yang mengklaim merupakan turunan dari kelompok Illuminati Bavaria, dan mereka juga menamakan kelompok mereka dengan sebutan “Illuminati”. Dan selain itu masih ada pula bermunculan kelompok-kelompok kecil yang sejenis ini. Namun secara umum kelompok-kelompok ini tidak memiliki kekuatan atau pengaruh yang cukup besar dalam pergerakannya.

Dan akhirnya pada masa sekarang ini nama illuminati sendiri masih sering digunakan untuk mengacu pada organisasi-organisasi rahasia yang dipercaya mendalangi dan mengendalikan berbagai peristiwa di dunia melalui pemerintah dan instansi tertentu untuk mendirikan sebuah Tatanan Dunia Baru. Dalam konteks ini, Illuminati biasanya digambarkan sebagai versi modern atau keberlanjutan dari Illuminati Bavaria.

Tags: , , , ,

No Responses

Leave a Reply