Mudahnya Penggunaan Aplikasi Android di Microsoft 11

Mudahnya Penggunaan Aplikasi Android di Microsoft 11
Mudahnya Penggunaan Aplikasi Android di Microsoft 11

Microsoft 11 telah resmi diumumkan oleh Microsoft dalam beberapa hari yang lalu dengan sejumlah peningkatan serta fitur baru. Termasuk sebuah Microsoft Store yang baru serta dukungan aplikasi Android.

Perusahaan pun telah mengkonfirmasi adanya dukungan aplikasi Android pada Windows 11. Dalam mewujudkan dukungan penggunaan aplikasi Android di Windows 11, Microsoft menggandeng Amazon untuk mengaktifkan integrasi Amazon Appstore.

Dengan hadirnya Windows 11, Microsoft pun memperkenalkan dukungan terhadap aplikasi Android dengan bekerja bersama Intel dan Amazon.

Dalam pengembangan fitur terbaru ini, Microsoft tidak menggunakan teknologi emulator. Meskipun demikian, perangkat desktop pengguna akan dapat menjalankan aplikasi Android unduhan dari Microsoft Store secara native (langsung).

Pada dasarnya, proses unduhan tersebut memperoleh tunjangan dari Amazon Appstore. Hal ini berarti Microsoft menggandeng Amazon Appstore ke Windows 11 yang sebelumnya telah tersedia di Android.

Penggunaan aplikasi Android di Windows 11 bisa dilakukan secara praktis. Dengan demikian, para pengguna tidak perlu download serta install emulator Android pada perangkat PC atau laptop.

Mudahnya Penggunaan Aplikasi Android di Microsoft 11

Saat ini, hampir sebagian besar masyarakat menggunakan smartphone, khususnya Android. Jutaan aplikasi Android tersedia dalam layanan Google Play Store.

Sebagian besar aplikasi tersebut dapat dipasang secara gratis. Selain itu, aplikasi Android juga dapat pengguna akses melalui perangkat PC atau laptop.

Hingga saat ini, cara paling mudah untuk dapat membuka aplikasi Android di PC atau laptop adalah dengan menggunakan emulator Android. Namun, penggunaan emulator Android ini memerlukan resource atau sumber daya cukup besar dari hardware PC atau PC yang kita gunakan.

Kabar istimewanya, Microsoft saat ini menghadirkan fitur sangat menarik pada Windows 11 yang belum lama ini perusahaan umumkan.

Dalam hal ini, Windows 11 mempunyai penampilan baru yang telah melalui polesan dan sejumlah fitur baru.

Salah satu fitur yang cukup mencuri perhatian adalah dapat menjalankan aplikasi Android langsung pada perangkat Windows 11

Syarat Penggunaan Aplikasi Android di Windows 11

Dalam menjalankan aplikasi Android pada perangkat Windows 11, para pengguna memerlukan adanya beberapa persyaratan sistem selain syarat dasar Windows 11. Berdasarkan postingan Microsoft, menyebutkan beberapa persyaratan fitur Windows 11 yang antara lain:

  • PC dengan RAM minimal berkapasitas 8GB
  • Drive SSD,
  • Prosesor Intel Core i3
  • Qualcomm Snapdragon 8c generasi 8 atau AMD Ryzen 3000, dan yang lebih tinggi.

Beberapa persyaratan di atas bukanlah dasar untuk menjalankan Windows 11. Akan tetapi, para pengguna harus memenuhinya untuk dapat mengakses aplikasi Android di Windows 11.

Persyaratan lain adalah wilayah PC pengguna harus diatur ke pengaturan Amerika Serikat. Selain itu, untuk dapat mengakses Amazon Appstore, maka pengguna juga memerlukan akun Amazon yang berbasis di AS.

Setidaknya beberapa syarat tersebut berlaku untuk saat ini. Para pengguna pun perlu mengaktifkan virtualisasi pada BIOS/UEFI PC milik pengguna serta menjadi bagian dari Windows Insider Beta.

Dalam penggunaan aplikasi Android di Windows 11, Microsoft seharusnya sertakan tautan untuk mulai siapkan dukungan aplikasi Android. Akan tetapi, tautan tersebut belum aktif hingga saat ini. Hal yang perlu pengguna lakukan hanyalah mengunduh Windows Subsystem for Android dari Microsoft Store.

Cara Penggunaan Aplikasi Android di Windows 11

Untuk dapat menggunakan fitur terbaru Windows 11 ini, maka pengguna harus mendaftar sebagai partisipan di Windows Insider. Hal ini berarti dukungan aplikasi Android pada Windows 11 masih berada dalam tahap percobaan.

Pertimbangan dari Microsoft ini cukup wajar, mengingat adanya kemungkinan terhadap dukungan aplikasi Android ini sepenuhnya sempurna. Pihak TheVerge pun cukup tertarik untuk melakukan percobaan terhadap penggunaan aplikasi Android di Windows 11.

Percobaan ini mereka terapkan pada kedua perangkat yang mereka miliki. Mereka akan mencoba menjalankannya pada PC gaming dengan spesifikasi Intel Core i9-11900K serta Microsoft Surface Pro X.

Hasil dari percobaan tersebut pun cukup bagus untuk saat ini. Pasalnya, kedua perangkat ini mampu menjalankan seluruh aplikasi Android seperti aplikasi bawaan Windows.

Namun sesuai yang telah disebutkan sebelumnya bahwa dukungan ini masih belum sempurna. Hal ini terbukti dengan adanya beberapa permasalahan seperti CPU Utilization.

Pada saat penggunaan aplikasi Android di Windows 11 secara bersamaan, maka seketika tampilan Windows terasa berat selama beberapa saat.

Namun selang waktu berjalan, CPU Utilization pun kembali normal. Hal ini menjadikan semua aplikasi Android dapat berjalan kembali tanpa masalah.

Recommended For You

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *