SEO paling KEREN

Mengungkap Fakta Terpendam

Manfaat Tanaman & Buah Nangka

Daging pada buah nangka bisa dijadikan berbagai jenis makanan olahan seperti jus yang paling umum, dodol, selai, kolak, gudeg dan masih banyak lagi makanan ataupun minuman berbahan dasar nangka.

Tak hanya dagingnya yang nikmat dengan sejumlah nutrisi yang disimpannya. Daun nangka pun tak mau kalah dengan induknya, sebab dapat dijadikan pakan favorit hewan ternak seperti kambing, domba dan sapi.

Kulit batangnya yang berserat bisa dirubah menjadi tali dan juga bahan pakaian pada masa lalu. Sementara getahnya yang cukup lengket bisa dijadikan bahan campuran untuk memerangkap burung, menambal perahu dan lain sebagainya.

Kandungan Gizi Buah Nangka

Terdapat beberapa nutrisi penting dalam buah nangka yang berguna untuk menyehatkan tubuh dan beberapa organ-organ vital di dalamnya.

Vitamin A, B dan C terdapat pada buah nangka dalam bentuk senyawa thiamine, riboflavin dan niacin. Beberapa mineral lain seperti kalsium, potassium, zat besi dan magnesium juga telah banyak menyatu didalam buah nangka dengan jumlah yang terbilang cukup banyak.

Karena disebut-sebut sebagai buah yang dapat menimbun banyak gas dalam perut yang suatu saat bisa keluar pada waktu-waktu yang tidak diduga membuat buah ini tak dianjurkan untuk sering-sering ditelan. Meski begitu, buah ini tetaplah buah yang menyimpan banyak gizi. Setiap 100 gram buah nangka menyediakan 106 kalori, 27.6 gram karbohidrat dan 1.2 gram protein.

Manfaat Buah Nangka Bagi Kesehatan

Melihat begitu melimpahnya nutrisi didalam buah dengan kulit luar yang berjeruji ini membuat manfaatnya bagi kesehatan juga sebanding. Setidaknya, terdapat 5 macam manfaat buah nangka untuk kesehatan.

Tags: , ,

No Responses

Leave a Reply