Maknan Simbol Mata “Eye Hours” dan Mesir Modern

Mata Ra yang dikenal pula sebagai mata Horus adalah simbol Mesir kuno yang menggambarkan mata manusia dan alis, bersama dengan tanda pipi elang. Simbol yang mewakili dewa Horus ini juga memiliki tetesan air mata yang terdapat di bawah mata.

Mata Ra juga dikenal sebagai wedjat, udjat, dll. Menurut mitologi Mesir, mata kanan dewa elang Horus mewakili dewa matahari Ra dan mata sebelah kiri mewakili bulan dan dewa sihir yang disebut Tehuti atau Thoth. Menurut legenda, Horus, anak Osiris dan Isis, kehilangan mata kirinya saat bertarung dengan saudara ayahnya yang jahat, Seth.

Horus bertarung dengan Seth untuk membalas kematian ayahnya. Pertarungan akhirnya dimenangkan oleh Horus. Dewa sihir yang disebut Thoth kemudian memulihkan mata Horus yang hilang. Mata Horus yang telah dicabik-cabik oleh Seth dikumpulkan dan disatukan lagi oleh Thoth.

Menurut mitos, Horus menggunakan mata ini sebagai sarana kelahiran kembali ayahnya. Sejak itu, mata Ra atau mata Horus digunakan sebagai simbol penyembuhan, kebangkitan, keselamatan, kesehatan, dan perlindungan. Mata Ra juga digunakan sebagai jimat pemakaman yang dimaksudkan untuk melindungi orang mati saat berada di akhirat. Para pelaut juga melukis simbol mata Ra di kapal mereka untuk memastikan agar perjalanan selalu aman.

Mesir Modern

Sekarang banyak bangunan bersimbolkan “mata” di mesir, mulai dari monumen, lambang, bahkan di pemerintahan mesir menggunakan logo atau symbol IBLIS, diantaranya:

Badge Kepolisian Saudi Arabia
Badge Kepolisian Saudi Arabia
Badge polisi Saudi
Badge polisi Saudi
Jeddah Eye
Jeddah Eye
Eye Monument di Jeddah
Eye Monument di Jeddah
Logo Badan Urusan Haji Saudi
Logo Badan Urusan Haji Saudi
Logo Badan Urusan kebudayaan Saudi
Logo Badan Urusan kebudayaan Saudi
Tugu Badan Atom Saudi
Tugu Badan Atom Saudi
Baca Juga :  Cerita Inspirasi: Seorang Istri yang membuat suaminya tergila-gila

Recommended For You

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *