Manfaat Tanaman Kencur

4 comments 321 views

Tanaman yang satu ini termasuh dalam family Jahe-jahean Zingiberaceae yang merupakan tumbuhan asli india dengan daerah penyebaran di Asia Tenggara dan Cina, Tumbuhan yang mempunyai sifat dan bentuk tanaman yaitu berbatang semu dengan jumlah daun 2 sampai 3 helai dan warna bunga putih, umbi berwarna kuning kecoklatan dan banyak mengandung air.

Tanaman yang bernama latin Kaempferia Galanga L mempunyai komposisi umbi terdiri dari pati 4,14%, mineral sebanyak 13,73% serta minya atsiri 2,4% sampai 3,9% yang terdiri dari cineol, asam methyl, aldehide, ethyl, ester dan lain-lain.

Mengenai manfaat, Kencur mempunyai banyak manfaat hingga di Indonesia dijadikan Apotik Hidup, selain dijadikan bumbu penyedap hidangan dirumah, kencur juga dijadikan obat tradisional dan banyak diperlukan oleh industri rokok, jamu dan kosmetik, perbandingan berat antara yang bersih dan yang basah adalah 1:10 (10 kg kencur kering sama dengan 100kg kencur basah).

Baca Juga: Resep Jamu Kencur

Tanaman Kencur tumbuh didataran setinggi 50 meter – 1.000 meter DPL dengan intensitas cahaya sedikit terlindungi dari sinar matahari langsung dan curah hujan 2.500 – 4.000 mm/tahun. Jenis tanah yang cocok untuk tanaman kencur adalah lempng berpasir, lempung berliat dengan struktur remah dan kaya humus.

Manfaat Tanaman Kencur

Dengan semakin meningkatnya ilmu pengetahuan dan teknologi maka industri farmasipun semakin berkembang seiring dengan pertambahan jumlah penduduk yang kian pesat. Namun dalam keadaan krisis ekonomi saat ini tidak semua lapisan masyarakat mampu membeli produk farmasi yang dibutuhkan, oleh karena itu pengobatan dengan tanaman secara tradisional merupakan salah satu pilihan yang bijaksana. Begitu banyak tanaman yang berfungsi sebagai tanaman obat-obatan salah satu diantaranya adalah tanaman kencur.

Kencur termasuk ke dalam suku jahe-jahean (zingeberaceae) dengan nama ilmiah Kaempferia galanga L. Aroma kencur sangat lembut dan khas sehingga mudah membedakan dengan jenis dari zingeberaceae yang lainnya. Fungsi tanaman kencur selain sebagai penyedap makanan juga banyak digunakan dalam ramuan obat tradisional yang khasiatnya dapat mengobati berbagai macam penyakit, sehingga tidak heran apabila pabrik-pabrik pengolahan obat trasional banyak mempergunakan bahan baku kencur.

Baca Juga: Cara Budidaya Tanaman Kencur

Khasiat Tanaman Kencur

Kencur dipergunakan untuk meramu obat-obatan tradisional yang sudah banyak diproduksi oleh pabrik-pabrik jamu maupun dibuat sendiri, selain itu rimpangnya bisa dijadikan obat tanpa diramu dengan tumbuhan lain ataupun diramu dengan campuran bahan lain. Secara garis besar khasiat tanaman kencur adalah :

  1. Expentorasia yaitu untuk menyembuhkan batuk dengan cara mengencerkan dahak serta memudahkan keluarnya dahak.
  2. Dinretioca yaitu untuk memperlancar proses pengeluaran urine (air kencing).
  3. Carminativa yaitu untuk membantu proses pengeluaran angin dari dalam perut akibat perut kembung / masuk angin.
  4. Stimulansia yaitu untuk membangkitkan atau memberikan rangsangan.
  5. Protection yaitu untuk memberikan perlindungan pada pakaian atau buku dari gangguan serangga.

 

author
Bangfad - Penulis sekaligus pengelola website menyediakan Jasa Review Produk Lokal maupun produk luar dengan harga yang sangat terjangkau, kami juga menyediakan jasa pembuatan website berbasis opensource yang tentunya lebih ekonomis namun dengan performa profesional dengan harga mulai dari Rp.300.000,-
4 Responses
  1. author

    Anonymous10 years ago

    Budidaya kencur oke

    Reply
  2. author

    Anonymous10 years ago

    Budidaya kencur oke

    Reply
  3. author

    Anonymous10 years ago

    Budidaya kencur oke

    Reply
  4. author

    Anonymous10 years ago

    Budidaya kencur oke

    Reply

Leave a reply "Manfaat Tanaman Kencur"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.