SEO paling KEREN

Mengungkap Fakta Terpendam

Jenis Hama dan Penyakit pada Tanaman Kacang Tanah

  • kacang-tanah-peanutPenyakit Layu.
    Penyakit Layu disebabkan oleh bakteri Xanthomonas Solanacearum. Pada siang hari waktu sinar matahari terik tanaman sekonyong-konyong terkulai seperti disimm air panas, tanaman langsung mati. Cara pengendalian dengan pergiliran tanaman.
  • Penyakit Bercak Daun
    Penyakit Bercak daun disebabkan oleh cendawan Cercospora personata. Bercak yang ditimbulkan pada daun sebelah atas coklat sedangkan sebelah bawah daun hitam. Ditengah bercak daun kadang-kadang terdapat bintik hitam dari Conidiospora. Cendawan ini timbul pada tanaman umur 40 -50 hari hingga 70 hari. Cendawan ini dapat dikendalikan dengan Anthmcol atau Daconil.
  • Penyakit Selerotium.
    Penyakit ini disebabkan oleh Selerotium rolfsii, merusak tanaman pada waktu cuaca lembab. Cendawan menyerang pada pangkal batang, bagian dari tanaman yang lunak, menimbulkan bercak-bercak hitam. Tanaman yang terserang akan layu dan mati.
    Pengendalian : dengan memperbaiki pengairan, agar air pengairan dapat mengalir.
  • Penyakit Karat.
    Penyakit ini disebabkan oleh Uromyces arachidae, menyerang tanaman yang masih muda menyebabkan daun berbintik-bintik coklat daun menjadi mongering. Pengendaliannya dengan menanam varitas yang tahan.
  • Hama Empoasca.
    Hama yang penting bagi tanaman kacang tanah adalah hama Empoasca. Hama ini tidak terlalu merugikan bagi tanaman kacang tanah. Cara pengendaliannya dengan penyemprotan Azodrin, Karphos atau lnsektisida yang tersedia.

[infobox style=”alert-success”]Baca Juga: Cara Membudidayakan Tanaman Kacang Tanah[/infobox]

Tags: , , , , , , , , , , ,

One Response

  1. Cara Budidaya Tanaman Kacang Tanah | Manfaat & Budidaya Tanaman10-06-2015 at 11:20Reply

    […] Baca Juga: Penanganan Hama dan Penyakit pada Tanaman Kacang Tanah […]

Leave a Reply