Manfaat dan Kandungan yang terdapat pada tanaman jagung

Manfaat dan Kandungan yang terdapat pada tanaman jagung – Jagung merupakan salah satu sumber karbohidrat yang bisa menjadi makanan alternatif pengganti beras. Jagung termasuk salah satu jenis makanan yang mudah dikenali dari bentuk fisiknya yaitu biji yang bewarna kuning dan berderet memanjang mengelilingi tongkolnya.

Jagung bakar dan jagung rebus merupakan dua cara menjadikan jagung sangat nikmat untuk dimakan. Namun, disamping rasanya yang gurih dan nikmat, jagung menyimpan berbagai manfaat tersembunyi bagi kesehatan.

Manusia membutuhkan energi untuk dapat beraktivitas, bekerja dan berpikir setiap hari. Untuk itulah, mengkonsumsi aneka makanan yang memiliki kandungan karbohidrat menjadi salah satu solusi terbaiknya.

Beras, gandum dan jagung merupakana beberapa makanan yang memiliki kandungan karbohidrat yang dibutuhkan oleh tubuh. Khusus untuk jagung, makanan ini ternyata memiliki dan menyimpan berbagai nutrisi lainnya yang dapat meningkatkan kesehatan tubuh anda.

Baca Juga: Cara Membudidayakan Tanaman Jagung

Berikut ini 7 dari sekian banyak manfaat jagung bagi kesehatan tubuh anda :

  1. Meningkatkan Kesehatan Organ Pencernaan. Kandungan serat yang cukup tinggi dalam jagung dapat membantu proses pencernaan makanan lebih lancar. Oleh karena itulah, berbagai masalah atau gangguan pencernaan seperti susah buang air besar tidak akan menyiksa anda lagi.
  2. Memperkuat Tulang Pada Tubuh Anda. Jagung ternyata mengandung nutrisi seperti magnesium, besi, tembaga serta fosfor. Berbagai nutrisi itulah yang dapat menutrisi tulang agar lebih kuat dan tidak mudah rapuh.
  3. Menjadikan Kulit Lebih Awet Muda. Antioksidan yang melimpah dalam jagung dapat membantu menutrisi seluruh jaringan kulit di tubuh anda. Jadi, bagi siapapnn yang berniat tampil fresh dan terlihat lebih muda dari usia yang sebenarnya, jagung bisa menjadi salah satu kuncinya.
  4. Menangkal Gejala Kurang Darah Atau Anemia. Kepala pusing merupakan salah satu indikasi bahwa seseorang terkena anemia. Jagung memiliki kandungan vitamin B serta asam folat yang berfungsi mencegah anemia yang cukup efektif.
  5. Meningkatkan Kesehatan Organ Jantung Anda. Jagung menyimpan nutrisi seperti vitamin C, karotenoid serta bioflavonoid yang berperan dalam mengontrol kadar kolesterol didalam darah serta meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh anda.
  6. Menyehatkan Organ Penglihatan Anda. Jagung mengandung sumber beta karoten yang mana merupakan pembentuk vitamin A didalam tubuh anda. Jadi, konsumsilah jagung dengan batas yang normal untuk membantu mencukupi nutrisi yang dibutuhkan oleh organ mata anda.
  7. Pencegah Diabetes Yang Cukup Efektif. Kandungan fitokimia yang terdapat dalam biji jagung akan mengatur penyerapan serta pelepasan hormon insulin didalam tubuh anda. Inilah yang menobatkan jagung sebagai salah satu makananan yang bergizi tinggi untuk mencukupi kebutuhan nutrisi pada tubuh semua orang.
author
One Response
  1. Jenis Hama dan Penyakit pada tanaman Jagung | Manfaat & Budidaya Tanaman3 years ago

    […] Baca Juga: Manfaat dan Kandungan yang terdapat pada tanaman jagung […]

    Reply

Leave a reply "Manfaat dan Kandungan yang terdapat pada tanaman jagung"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.