UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University

UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University
UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University (image: bangfad.com)

UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University tema tersebut untuk memasuki Perubahan yang mengharuskan setiap universitas memiliki teknologi indormasi ditengah era revolusi industri 4.0 di mana teknologi informasi telah menjadi basis dalam kehidupan manusia. Era ini juga akan mendisrupsi berbagai aktivitas manusia, termasuk di dalamnya bidang ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) serta pendidikan tinggi termasuk di dalamnya perguruan tinggi.

Latar Belakang

Menghadapi era revolusi industri 4.0 tersebut, salah satu perguruan tinggi negeri di Indonesia yaitu  Universitas Tanjungpura (UNTAN) mulai mengembangkan potensi. Tantangan revolusi industri 4.0 harus direspons secara cepat dan tepat oleh seluruh civitas akademika UNTAN agar mampu meningkatkan daya saing bangsa Indonesia di tengah persaingan global.

Untuk diketahui, Universitas Tanjungpura didirikan pada tanggal 20 Mei 1959 dengan nama Universitas Daya Nasional di bawah naungan Yayasan Perguruan Tinggi Daya Nasional sebagai sebuah universitas swasta. Pendiri lembaga tersebut merupakan tokoh-tokoh politik dan pemuka masyarakat Kalimantan Barat. Pada saat berdiri universitas ini memiliki dua fakultas yaitu Fakultas Hukum dan Fakultas Tata Niaga. Para tenaga pengajar pada masa-masa tersebut adalah para sarjana dan sarjana muda yang terdapat di daerah Kalimantan Barat.

Sejarah Universitas Tanjungpura

Status Universitas Daya Nasional berubah menjadi Universitas Negeri Pontianak berdasarkan Surat Keputusan Menteri PTIP Nomor 53 Tahun 1963 Tanggal 16 Mei 1963. Namun tanggal peringatan penetapan status universitas negeri ditetapkan 20 Mei 1963 dengan nama Universitas Negeri Pontianak dan ditandai pula dengan dibukanya dua fakultas baru yaitu Fakultas Pertanian dan Fakultas Teknik serta perubahan nama Fakultas Tata Niaga menjadi Fakultas Ekonomi.

Sejalan dengan situasi politik RI tahun 1965, nama universitas diubah menjadi Universitas Dwikora (berdasarkan Surat Keputusan Presiden RI Nomor 278 Tahun 1965 tanggal 14 September 1965), sekaligus menandai pembukaan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol).

Akhirnya nama Universitas Dwikora berganti lagi menjadi Universitas Tanjungpura (UNTAN), berdasarkan Surat Keputusan Presiden RI Nomor 171 Tahun 1967. Nama Universitas Tanjungpura ini berasal dari nama Kerajaan Tanjungpura. Hingga saat ini, UNTAN memiliki sembilan Fakultas dengan jenjang pendidikan hingga Strata Dua (S2).

Visi dan Misi Universitas Tanjungpura (UNTAN)

Visi UNTAN Pada tahun 2020 UNTAN menjadi institusi preservasi dan pusat informasi ilmiah Kalimantan Barat serta menghasilkan luaran yang bermoral Pancasila dan mampu berkompetisi baik di tingkat daerah, nasional, regional, maupun internasional.

Misi UNTAN Menyelenggarakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat secara bermutu sehingga dapat menghasilkan luaran yang mampu mengikuti, mengembangkan dan memajukan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni serta mampu memberikan arah bagi pengembangan sesuai dengan disiplin ilmu masing-masing.

UNTAN berupaya mengantisipasi perubahan dunia yang kini telah dikuasai perangkat digital. Kebijakan strategis perlu dirumuskan dalam berbagai aspek mulai dari kelembagaan, bidang studi, kurikulum, sumber daya, serta pengembangan Cyber University, hingga inovasi.

Infrastruktur Untan

Pembangunan Infrastruktur Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) berkaitan dengan konektivitas, sangat bermanfaat bagi perguruan tinggi dengan mengembangkan e-learning. Proses belajar-mengajar bisa sefleksibel mungkin dengan kualitas tinggi. Melalui cyber university, universitas, prodi, atau mahasiswa bisa manfaatkan, memilih, dan menyeleksi supaya mendapat dosen dan materi kuliah yang terbaik.

Baca Juga :  Hukum Perlindungan Atas Tanah

E-Learning Universitas Tanjungpura (UNTAN) merupakan portal pembelajaran secara daring untuk civitas akademika UNTAN yang digunakan sebagai komplemen (pelengkap) dari sistem pembelajaran konvensional di kelas. Diharapkan dengan adanya portal pembelajaran daring, proses belajar mengajar dapat menjadi lebih efektif dan efisien serta mengakselerasi terbentuknya ekosistem digital untuk menuju UNTAN Cyber University

Cyber University ini nantinya diharapkan menjadi solusi bagi anak bangsa di pelosok daerah untuk menjangkau pendidikan tinggi yang berkualitas.

Pendidikan jarak jauh dan pembelajaran secara daring (e-learning) merupakan terobosan dalam meningkatkan akses pendidikan tinggi yang bermutu. Persiapan sistem pembelajaran yang lebih inovatif, seperti penyesuaian kurikulum pembelajaran, dan meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam hal data Information
Technology (IT).

Pada intinya perguruan tinggi harus mampu merespons kebutuhan masyarakat yang saat ini sudah banyak melakukan kegiatan pembelajaran secara online, sehingga perguruan tinggi tidak ditinggalkan atau harus tutup.

Prestasi yang diraih Universitas Tanjungpura

Universitas Tanjungpura yang terletak di Jalan Ahmad Yani ini sudah mencatat kelulusan sebanya 66008 orang, dengan mahasiswa yang aktif sebanyak 31509 mahasiswa, serta 95 program studi yang ada ditempatkan di 9 fakultas, 1011 dosen tetap dan tidak tetap serta jumlah penelitian yang pernah dilakukan sebanyak 33110 penelitian.

Prestasi tersebut tidak hanya membuat Universitas Tanjungpura menjadi pilihan utama dan pertama para peserta didik yang menyelesaikan seolahnya dibangku SMA karena sekarang Universitas Tanjungpura telah membangun ekosistem digital guna menuju cyber university atau yang dikenal dengan siber kampus.

Sekilas tentang Cyber University

Sejak berkembangnya dunia cyber di Indonesia telah banyak yang menggunakan e-learning sebagi media pembelajaran, banyak tugas-tugas kuliah yang menggunakan media surat elektronik untuk menyampaikan kepada dosen serta beberapa universitas telah melakukan video conference dalam proses belajar mengajar namun saat itu masih belum terpusat dan masih terbatas.

Sejak itu lah perkembangan demi perkembangan dengan berbagai riset dan penelitian serta memadukan antara dunia pendidikan dan perkembangan teknologi yang kian pesat munculah istilah baru yang disebut dengan Cyber Campus atau Cyber University (siber kampus) yang bertujuan untuk menjadikan kampus dengan basis komputasi yang ditunjang oleh teknologi informasi yang mencakup semua lini baik dari sistem pembelajaran, fasilitas baik sarana dan prasarana serta menyangkut kurikulum yang ada.

Selain proses belajar mengajar yang berbasis teknologi, sistem manajeman kampus juga telah disiapkan untuk menyongsong pembangunan Ekosistem Digital Menuju Cyber University seperti presensi secara online, virtual library atau perpustakaan online dimana mahasiswa dapat menemukan literatur bukan hanya ditoko buku melainkan mereka bisa berkunjung ke perpustakaan kampus hanya lewat smartphone atau perangkat komputer mereka sehingga lebih praktis dan efisien karena semua itu telah hadir dan bisa dinikmati lewat devace yang mereka miliki dimana dan kapan saja.

Informasi Fakultas di UNTAN

Universitas mempunyai 9 Fakultas dengan masing-masing disiplin ilmunya, adapun fakultas yang ada di Untan yaitu:

  1. Fakultas Hukum : Fakultas Hukum ingin menjadi lembaga pusat studi hukum di kalimantan barat, yang menghasilkan sumber daya manusia yang lebih baik yang dapat bersaing di tingkat lokal, regional, nasional, dan internasional. Melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat direncanakan dan melanjutkan, Fakultas Hukum terus menghasilkan lulusan yang baik dengan kompetensi akademik yang tinggi.
  2. Fakultas Ekonomi :Fakultas Ekonomi didirikan pada tahun 1959 dan juga merupakan fakultas tertua di Universitas Tanjungpura. Sampai saat ini, Fakultas Eonomi terus mengembangkan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat di Kalimantan Barat untuk menjadi Pusat Informasi Ekonomi di Kalimantan Barat dan juga menjadi lembaga yang selalu menghasilkan lulusan yang kompeten untuk kondisi ekonomi yang lebih baik di Indonesia.
  3. Fakultas Pertanian : Fakultas Pertanian ingin menjadi pusat teknologi informasi dalam ilmu pertanian. Fakultas Pertanian terus mengembangkan ilmu pertanian lingkungan dan lanjutan di daerah lokal atau nasional serta berkontribusi aktif kepada masyarakat denga terus melakukan inovasi dan implementasi dalam teknologi ilmu pertanian dengan tujuan memajukan bangsa.
  4. Fakultas Teknik : Fakultas Teknik terus menghasilkan lulusan yang kompeten untuk kebutuhan lokal dan regional. Fakultas Teknik mendidik mahasiswa untuk memiliki keterampilan yang baik dalam bidangnya, menguasai teknologi, dan mengkontribusikan kreativitas mereka untuk kehidupan sosial guna kemjuan bangsa dan terus mengembangan penerapan ternologi dalam pembangunan.
  5. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik mempersiapkan lulusan yang kompeten untuk kebutuhan lokal dan nasional. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik pada tahun 2020 ingin menjadi lembaga pusat Politik, Sosial, dan Budaya di Kalimantan Barat khususnya dan Indonesia secara umumnya dengan tujuan selalu mempertahan kan nilai2 luhur serta aspek aspek sosial dalam kehidupan berpolitik atau sebaliknya.
  6. Fakultas Pendidikan dan Pelatihan Guru : Fakultas Pendidikan dan Pelatihan Guru sebagai lembaga pendidik menghasilkan guru atau pendidik dengan melakukan pendidikan dan penelitian teladan yang berimbang dengan efektif, restrukturisasi, dan sistem deregulasi.Sebagai fakultas dengan mahasiswa terbanyak di harapkan dapat meningkatkan taraf kepedulian terhapap pendidikan masyarakat Kalimantan Barat.
  7. Fakultas Kehutanan : Fakultas Kehutanan ingin menjadi lembaga unggul di penelitian dan pengembangan ilmu kehutanan yang dapat digunakan untuk pertumbuhan dan kesejahteraan masyarakat. Fakultas Kehutanan juga memproduksi sarjana profesional yang kompeten untuk kebutuhan lokal, nasional, dan internasional.
  8. Fakultas MIPA : Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam sebuah lembaga ilmu pasti dan ekstensi yang menghasilkan lulusan dengan karakter berkualitas yang mampu bersaing di tingkat lokal, nasional, dan internasional. Kami mendidik, meneliti, dan mengembangkan ilmu pasti dalam lingkungan.Tujuan kami adalah terus berinovasi dan mengembangkan iptek guna kemajuan riset dan teknologi di masyarakat
  9. Fakultas Kedokteran : Menghasilkan lulusan berkualitas tinggi yang kompetitif dan profesional di regional, nasional, maupun internasional untuk mewujudkan Kalimantan Barat yang lebih baik. Kami membimbing siswa untuk mengembangkan potensi mereka dengan memfasilitasi mereka dengan ilmu pengetahuan dasar dan menyelesaikan penerapan dalam masalah kesehatan. Kami juga mengembangkan pengetahuan profesional dan keterampilan untuk meningkatkan kinerja lulusan.
Baca Juga :  Memahami hukum perlindungan Lingkungan

Referensi: pontianak.web.id/untan-membangun-ekosistem-digital-menuju-cyber-university.html

Recommended For You

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *