Resep Cara membuat Tahu Bulat Gurih dan Renyah

Resep Cara Membuat Tahu Bulat Gurih dan Lezat
Resep Cara Membuat Tahu Bulat Gurih dan Lezat

Tahu adalah makanan yang terbuat dari kedelai. Makanan yang empuk dan gurih rasanya itu, disukai banyak orang. Hampir setiap hari orang makan tahu, baik sebagai lauk teman nasi, maupun sebagai camilan.

Konon, tahu ditemukan oleh Liu An, cucu Kaisar Han Gaozu, pada masa pemerintahan dinasti Han. Liu An suka memasak. Pada suatu hari ia punya banyak kedelai di rumahnya. Bosan dengan makanan yang itu-itu saja, Liu An ingin membuat makanan baru dari kedelai. Tetapi ia bingung mau membuat apa.

Sejarah Tahu di Indonesia

Liu An lalu mengeringkan kedelai itu. Kedelai yang sudah kering ditumbuknya sampai halus. Setelah itu Liu An merebus bubuk kacang itu dengan menambahkan sedikit garam.

Tanpa sepengetahuannya, ternyata garam membuat rebusan bubuk kacang jadi padat. Liu An mencicipinya. Ternyata rasanya enak. Liu An memberi nama makanan itu tao-hu. Tao artinya kacang kedelai. Sedangkan hu artinya hancur menjadi bubur. Dari kata taohu itulah akhirnya menjadi tahu.

Perkembangan Tahu di Indonesia

Perkembangan tahu di Indonesia luar biasa dalam sepuluh tahun. Ada berbagai jenis tahu impor masuk ke pasar Indonesia. Baik di Indonesia dan di Jepang teknologi pembuatan tahu ini sala muasalnya dari Cina. Dan kemudian berubah sesuai dengan situasi dan kondisi masing-masing daerah. Di Indonesia selain Tahu Sutra, dikenal juga Tofu dengan berbagai rasa (rasa plain, rasa udang, dan rasa telor). Padahal istilah dari negara asalnya, Tahu Sutra itu bagian dari Tofu.

Mungkin ini untuk mempermudah pemahaman orang Indonesia, yang juga memiliki tahu lokal. Di Jepang ada berbagai jenis tahu. Umumnya terbagi menjadi dua, yakni Momen Tofu (tahu bertesktur seperti katun) dan Kinu Tofu (tahu bertekstur seperti sutra). Dari dua jenis itu masing-masing mempunyai variasi jenis dan variasi bentuk. Dari kedua jenis itu ada yang dijual sudah tergoreng yang biasa disebut agedofu warna kecoklatan, dan yang masih belum tergoreng dengan warna putih.Hasil olahan dari proses pembuatan tahu ini juga macam-macam. Selain susu kedelai, juga Takwa, semacam ampas tahu, kembang tahu dan lain sebagainya.

Baca Juga :  Resep Cara Membuat Manisan Pepaya atau Kates

Kinu DofuTahu sutra yang tidak bisa digoreng, biasanya dimasukkan sup atau dimakan begitu saja dalam keadaan dingin dengan topping daun bawang dan kecap asinshoyu. Sedangkan abura ageTahu goreng tipis, untuk masakan Tumis atau oseng. Dan age tofuTahu goreng tebal, jenis ini yang biasa dibeli oarang Indonesia, terutama kalau pas pengen makan Tahu petis. Antara Indonesia dan jepang ada perbedaan yang paling menyolok dalam hal cara mengkonsumsinya. Di Jepang semua tahu yang berwarna putih, biasa langsung dikonsumsi tanpa proses masak. Dan waktu musim panas ada menu yang disajikan dingin, yaitu Hiya yakko.

Menu yang sangat menyehatkan dan rasa asli dari tahunya keluar dengan sempurna. Karena hanya disajikan tanpa masak, hanya diberi shoyu sebagai penggnti saus dan ditaburi irisan tipis daun bawang dan katsu bushi (semcam ikan tongkol yang dikeringkan dan diserut tipis) Secara sejarahnya, para biksu tidak makan daging, karenanya tahu ini menjdi menu lauk utama. Karena itu di Kyoto, sebagai pusat penyebaran agama Budha, banyak tersebar restoran khusus tahu. dan menjadi komoditi jasa pariwisata. Dengan rasa yang tipis, kita bisa merasakan macam-macam jenis dan tektur tahu.

Dari makanan pembuka, makanan utama dan makanan penutup semuanya dari tahu. dan semuanya terkemas dengan cantiknya. Bagi kita orang Indonesia yang terbiasa denga rasa yang pekat, mungkin tidak bisa menikmati dari segi rasa. Tetapi bisa menikmati dari segi penyajiannya. Kalau sudah bicara Kyoto, selain menjadi pusat wisata, terkenal juga sebagai surga paravegetariandari belahan dunia lain. Karena Kyoto menjadi pusat agama Budha di Jepang, pada awal abad ke 5. Dan ternyata kepopulerannya tidak lekang oleh waktu, dan menyebar ke daerah-daerah lain. Pernah suatu hari, saya diundang makan malam bersama oleh suatu kumpulanvolunteeryang peduli orang asing di Nagoya.

Baca Juga :  Resep Cara Membuat Bolu Pandan Santan

Resep Cara membuat Tahu Bulat di Indonesia

Tahu selain bisa langsung digoreng, banyak juga yg mengolah makanan ini menjadi menu hidangan lainnya, namun untuk dibuat cemilan dan disajikan untuk anak-anak dirumah, salah satu menunya adalah Tahu bulat gurih dan renyah.

Bahan-bahan membuat Tahu Bulat di Indonesia

  • 3 tahu putuh besar
  • 2 kuning telur
  • Bumbu penyedap
  • Merica secukupnya
  • Garam secukupnya
  • 2 siung bawang putih

Cara membuat Tahu Bulat Gurih dan Renyah

  • Tahu putih dihancurkan sampai halus
  • Peras tahu yg sdh dihaluskan dg kain kasa (atau sejenis) yg penting tahu tidak mengandung air lagi (agar bisa garing) sampai kering tdk ada airnya.
  • Campurkan bumbu yg telah dihaluskan hingga merata
  • Bulatkan bahan sesuai selera, jika sulit untuk membulatkannya, tambahkan terigu sedikit (hanya untuk membentuk bola)
  • Jika tidak ingin menggunakan terigu, simpan di lemari es kurang lebih 3 jam atau di freezer 1 jam (dengan suhu dingin tahu tidak mudah hancur)
  • Goreng dan hidangkan dengan kecap dan saos, sesuai selera

Selamat mencoba ya sumber Bangfad.com

Recommended For You

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *